Rohmah, S., Hasanah, T. ., & Lestari, H. (2024). PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN TERHADAP MUTU LAYANAN AKADEMIK PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN BOGOR: sistem informasi, manajemen informasi, mutu layanan, layanan akademik. JOURNAL EDUCATIONAL MANAGEMENT REVIEWS AND RESEARCH, 3(02), 22–33. https://doi.org/10.56406/emrr.v3i02.648
PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN TERHADAP MUTU LAYANAN AKADEMIK PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN BOGOR
sistem informasi, manajemen informasi, mutu layanan, layanan akademik
Rincian Artikel
PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN TERHADAP MUTU LAYANAN AKADEMIK PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN BOGOR
sistem informasi, manajemen informasi, mutu layanan, layanan akademik
Isi Artikel Utama
Siti Rohmah
Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Sahid Bogor
Tita Hasanah
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Sahid Bogor
Hana Lestari
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Sahid Bogor
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi manajemen pendidikan terhadap mutu layanan akademik di Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan teknik random sampling. Lokasi penelitian di Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Subjek penelitian sebanyak 104 responden. Teknik analisis datanya adalah statistik inferensial dengan uji regresi sederhana dibantu SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara sistem informasi manajemen pendidikan terhadap mutu layanan akademik dengan nilai R Square = 0,172. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa variabel sistem informasi manajemen pendidikan mempunyai pengaruh terhadap mutu layanan akademik sebesar 17,2%. Oleh karena itu untuk meningkatkan sistem informasi manajemen pendidikan diharapkan setiap satuan pendidikan dapat meningkatkan mutu layanan akademiknya.