https://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/issue/feed JOURNAL EDUCATIONAL MANAGEMENT REVIEWS AND RESEARCH 2024-08-01T09:36:54+00:00 Muzhir Ihsan, S.Pd.I, M.Pd.I muzhir_ihsan@inais.ac.id Open Journal Systems <p><strong>JOURNAL EDUCATIONAL MANAGEMENT REVIEWS AND RESEARCH</strong> merupakan jurnal manajemen pendidikan Islam yang mengkaji pengembangan dan penguatan riset analisis kebijakan pendidikan, landasan yuridis dan perubahan sistem kurikulum, kebijakan pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan undang-undang sistem pendidikan nasional, dan penelitian berorientasi kepada manajemen pendidikan dan kualitas mutu manajerial pendidikan. Selain itu beberapa tema penelitian perencanaan pendidikan meliputi pengembangan <em>quality assurance</em> dan <em>quality control</em> pendidikan, supervisi dan pengawas pendidikan, pengembangan profesionalisme pendidik, manajemen pembiayaan pendidikan, manajemen kinerja, penelitian berorientasi pada produk leadership dan pengembangan kewirausahaan pendidikan, pengembangan model/gaya kepemimpinan, pengembangan model/gaya kewirausahaan pendidikan baik formal ataupun non formal, evaluasi kepemimpinan, penelitian berorientasi pada tekhnologi pendidikan, pengembangan dan evaluasi bahan ajar pendidikan, pengembangan dan evaluasi metode pembelajaran pendidikan, dan pengembangan dan evaluasi kurikulum pembelajaran pendidikan dan penelitian literatur seputar manajemen pendidikan Islam lainnya.</p> <p><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220828032332441"><strong>E-ISSN: 2962-6145</strong></a></p> https://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/500 KONSEP MANAJEMEN KELAS 2024-07-30T08:24:58+00:00 Ima Rahmawati dafenta.ima13@gmail.com Lilis Lestari lestari888.ll@gmail.com Waslim Setiawan waslimsetiawan@gmail.com <p>Kualitas kinerja staf administrasi sangat berpengaruh terhadap kelancaran administrasi di sekolah. Di SMA Negeri 1 Cibungbunglang, terlihat bahwa staf administrasi bekerja dengan sangat solid, dan komunikasi antara staf dengan pemimpin berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam gaya kepemimpinan kepala tenaga administrasi dalam upaya memperkuat dan meningkatkan kinerja staf administrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, serta teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan kepala tenaga administrasi dan para staf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala tenaga administrasi SMA Negeri 1 Cibungbulang menerapkan gaya kepemimpinan demokratis.</p> 2023-12-24T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Ima Rahmawati, Lilis Lestari, Waslim Setiawan https://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/511 IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA GURU-GURU DI SDIT AS SA’IDAH 2024-08-01T09:36:54+00:00 Samsul Ma'ruf Samsulmaruf664@gmail.com <p>Penelitian ini membahas tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT As Sa’idah. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi nyata mengenai proses belajar mengajar terkait pengimplementasian kurikulum yang telah diluncur. Metode penelitian yang digunakan adalah jenispenelitian studi literatur. Pengambilan data pada penelitian ini didapatkan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan kemudian menghubungkan sumber bacaan terhadap masalah di tempat penelitian. Peran kurikulum yang diterapkan sangat berdampak kepada tercapainya penyelenggaraan pendidikan disuatu sekolah/ madrasah. Karena keberadaankurikulum yang terapkan sangat berperan penting. Proses pendidikan tidak akan berjalan dengan efektif tanpa didasari dengan sebuah perencanaan yang matang, baik mengenai kesiapan guru maupun kesiapan perangkat pembelajarannya. Dalam pelaksanaan proses pendidikan sangat dibantu oleh adanya pelatihan-pelatihan. Kondisi pembelajaran di SDIT As Sa’idah telah terorganisasi dengan baik terbuktidengan adanya pelatihan-pelatihan sehinggi guru-guru mampu menciptakan budaya sekolah sendiri dari hasil implementasi kurikulum merdeka.</p> 2023-12-24T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 Samsul Ma'ruf https://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/506 MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 1 DRAMAGA 2024-07-31T07:59:13+00:00 Siti Fatimah Tuzahro Siti.fatimah24072002@gmail.com Muzhir Ihsan muzhirihsan@gmail.com Suryanto Wibowo suryantowibowo@gmail.com <p>Manajemen merupakan seni memengaruhi kelompok secara sistematis dalam melaksanakan serangkaian kegiatan melalui proses perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, pengendalian, dan implementasi untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen layanan perpustakaan di SMA Negeri 1 Dramaga. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Subjek penelitian adalah staf perpustakaan yang juga berperan sebagai koordinator di SMA Negeri 1 Dramaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen layanan perpustakaan di sekolah tersebut masih dalam tahap pengembangan, namun sudah mulai berjalan dengan baik.</p> 2023-12-24T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Siti Fatimah Tuzahro, Muzhir Ihsan, Suryanto Wibowo https://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/504 IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMAN 1 TENJOLAYA 2024-07-31T07:43:12+00:00 Muzhir Ihsan muzhirihsan@gmail.com Siti Indah Cahyaningrum sitiindahcahyaningrum@gmail.com Nana Supriatna nanasupriatna@gmail.com <p>Salah satu cara untuk mencapai pendidikan unggul di sekolah adalah dengan memastikan ketersediaan sarana serta prasarana yang mendukung proses belajar mengajar. Pengelolaan sarana dan prasarana menjadi penting karena mempengaruhi langsung kualitas pengajaran oleh guru di kelas. Penelitian melalui Program Peningkatan Lingkungan Pembelajaran (PLP) di SMAN 1 Tenjolaya bertujuan untuk menggambarkan kondisi aktual pengelolaan sarana dan prasarana di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Subjek penelitian adalah tenaga kependidikan bagian sarana dan prasarana di SMAN 1 Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di SMAN 1 Tenjolaya telah dilaksanakan dengan baik, dimana sumber daya yang ada dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung pendidikan berkualitas di sekolah tersebut.</p> 2023-12-24T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Muzhir Ihsan, Siti Indah Cahyaningrum, Nana Supriatna https://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/499 PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PENGUATAN KEPUASAN KERJA DAN KERJA TIM MENGGUNAKAN ANALISIS PATH PADA GURU DI YAYASAN HAJI MUHAMMAD AMIN KECAMATAN PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR 2024-07-30T08:07:11+00:00 Mutia Sahadah mutiasahadah1812@gmail.com Zaenal Abidin zaenalabidin@gmail.com Muzhir Ihsan muzhirihsan@gmail.com <p>Kinerja guru adalah hasil kerja yang diperoleh oleh seorang guru yang memberikan kontribusi pada suatu lembaga tempat ia bekerja untuk mencapai tujuan visi dan misi sekolah. Dimana penulis mengambil metode survei dengan pendekatan kausal, yang mana survei dengan pendekatan kausal ini merupakan sebuah metode untuk mengukur sejauh mana dan seberapa besar ketiga variabel yang dipilih oleh penulis, memiliki hubungan sebab akibat dari sebuah fenomena. Ketika sudah memperoleh hasil dari survei pendekatan kausal, maka hasil tersebut akan dianalisis lebih lanjut menggunakan analisis path. Populasi yang dipilih oleh penulis adalah guru di Yayasan Haji Muhammad Amin sebanyak 98 orang dan sampelnya 79 orang dengan teknik acak sederhana (simple random sampling). Setelah dilakukannya uji analisis path dalam aplikasi SPSS versi 20 dan menghasilkan sebuah output. Pengujian analisis path dapat dilihat dari tabel Coefficients diketahui nilai β = 0.537 dan 0.211 dan nilai thitung = 5.079 dan 1.997 &gt; ttabel 1.66462 pada tingkat relevansi α = 0.05. Oleh karena itu, H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dinyatakan kepuasan kerja dan kerja tim berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru.</p> 2023-12-24T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Mutia Sahadah, Zaenal Abidin, Muzhir Ihsan https://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/510 PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MTS. MIFTAAHUSH SHUDUUR KECAMATAN CIAMPEA KABUPATEN BOGOR 2024-08-01T09:26:46+00:00 Seno Aji Nurmansah senoajinurmansyah@gmail.com Zaenal Abidin zaenalabidin@gmail.com <p>Mutu layanan pendidikan adalah kemampuan institusi pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dan kompetensi yang tersusun secara sistematis mulai dari input, proses, hingga output. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan konsep servant leadership di MTs. Miftaahush Shuduur, 2) Menggambarkan mutu layanan pendidikan di MTs. Miftaahush Shuduur, dan 3) Menganalisis pengaruh servant leadership terhadap mutu layanan pendidikan di MTs. Miftaahush Shuduur. Penelitian ini dilakukan di MTs Miftaahush Shuduur Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Hasil analisis menunjukkan bahwa servant leadership memiliki pengaruh positif terhadap mutu layanan pendidikan. Ini menunjukkan bahwa semakin kuat servant leadership, semakin tinggi mutu layanan pendidikan yang disediakan oleh institusi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan, disarankan untuk memberikan perhatian lebih pada servant leadership.</p> 2023-12-24T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 Seno Aji Nurmansah, Zaenal Abidin https://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/505 IMPLEMENTASI PROGRAM OUTBOUND TERHADAP KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA SEKOLAH ALAM ALGIVA 2024-07-31T07:50:16+00:00 Siti Nuraeni aenidendi@gmail.com Tita Hasanah titahasanah.inais@gmail.com M. Robbie Awaludin robie87sy@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas implementasi program outbound terhadap pengembangan karakter kepemimpinan siswa di Sekolah Alam Algiva. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian diperkuat melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V, dengan kepala sekolah dan guru outbound sebagai informan utama. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan angket kuesioner karakter kepemimpinan dan angket outbound. Berdasarkan hasil perhitungan uji reliabilitas dan uji validitas menunjukan karakter kepemimpinan dengan hasil 0,82 dengan 10 butir soal yang valid. Angket outbound menunjukan 1.00 dengan 12 butir soal yang valid. Hasil kriteria koefisien reliabilitas menunjukan 0,80 ≤ r &lt; 1,00 dengan nilai interpretasi sangat tinggi. Dalam persentase menunjukan hasil angket karakter kepemimpinan sebesar 70% dan hasil angket outbound sebesar 78%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program outbound di Sekolah Alam Algiva berdampak positif terhadap karakter kepemimpinan siswa, seperti sikap bertanggung jawab, dapat dipercaya, tegas, cerdas, inisiatif, jujur, konsisten, lugas, dan adil. Penilaian yang dilakukan oleh guru outbound dengan cara sebelum kegiatan, saat kegiatan berlangsung dan akhir kegiatan guru outbound dengan memberikan refleksi pada setiap siswa.</p> 2023-12-24T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Siti Nuraeni, Tita Hasanah, M. Robbie Awaludin