https://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/issue/feedJOURNAL EDUCATIONAL MANAGEMENT REVIEWS AND RESEARCH2025-01-20T14:41:01+00:00Muzhir Ihsan, S.Pd.I, M.Pd.Imuzhir_ihsan@inais.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>JOURNAL EDUCATIONAL MANAGEMENT REVIEWS AND RESEARCH</strong> merupakan jurnal manajemen pendidikan Islam yang mengkaji pengembangan dan penguatan riset analisis kebijakan pendidikan, landasan yuridis dan perubahan sistem kurikulum, kebijakan pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan undang-undang sistem pendidikan nasional, dan penelitian berorientasi kepada manajemen pendidikan dan kualitas mutu manajerial pendidikan. Selain itu beberapa tema penelitian perencanaan pendidikan meliputi pengembangan <em>quality assurance</em> dan <em>quality control</em> pendidikan, supervisi dan pengawas pendidikan, pengembangan profesionalisme pendidik, manajemen pembiayaan pendidikan, manajemen kinerja, penelitian berorientasi pada produk leadership dan pengembangan kewirausahaan pendidikan, pengembangan model/gaya kepemimpinan, pengembangan model/gaya kewirausahaan pendidikan baik formal ataupun non formal, evaluasi kepemimpinan, penelitian berorientasi pada tekhnologi pendidikan, pengembangan dan evaluasi bahan ajar pendidikan, pengembangan dan evaluasi metode pembelajaran pendidikan, dan pengembangan dan evaluasi kurikulum pembelajaran pendidikan dan penelitian literatur seputar manajemen pendidikan Islam lainnya.</p> <p><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220828032332441"><strong>E-ISSN: 2962-6145</strong></a></p>https://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/646DAMPAK SISTEM ZONASI TERHADAP MUTU SEKOLAH2025-01-16T05:09:28+00:00Hana Lestarihana.lestari@inais.ac.idIma Rahmawatidafenta.ima13@gmail.comSiti Rohimahsitirohimah@gmail.com<p>Pemerintah berkomitmen kuat untuk meningkatkan standar pendidikan. Salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas sekolah adalah dengan membuat kebijakan zonasi sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana skema zonasi pemerintah mempengaruhi mutu sekolah. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang mencakup observasi, telaah pustaka, dan teknik wawancara semi-terstruktur. Sebagai investigasi awal, hanya ada satu informan dalam penelitian ini. Dengan memilih individu tertentu yang dianggap memiliki pengetahuan tentang sistem zonasi, desain penelitian kualitatif digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sistem zonasi tidak berpengaruh pada sebagian besar kualitas sekolah baik sebelum maupun setelah diberlakukan.</p>2024-12-24T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Hana Lestari, Ima Rahmawati, Siti Rohimahhttps://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/647KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MUTU LULUSAN SMK SE-KECAMATAN TENJOLAYA KABUPATEN 2025-01-16T08:33:12+00:00Wardatul Musyaropahwardahmusyaropah@gmail.comM. Robbie Awaludinrobie87sy@gmail.comSamsul HudaSamsulhuda@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap mutu lulusan SMK di Kecamatan Tenjolaya Bogor. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan metode survei. Pengumpulan data diakumulasikan menggunakan kuesioner tertutup, sehingga responden hanya dapat memilih satu jawaban yang sekiranya sesuai dengan keadaannya, kuesioner tersebut mencakup sejumlah jawaban yang telah ditetapkan oleh peneliti berdasarkan berbagai pernyataan, baik yang bersifat positif maupun negatif. Pengukuran data tersebut menggunakan <em>skala likert</em> pada lima jawaban alternatif, untuk kuesioner variabel (Y) mutu lulusan berisi 50 butir dan variabel (X) kompetensi profesional guru berisi 44 butir yang diuji validitas menggunakan uji <em>pearson product moment</em> dan diuji reliabilitas menggunakan <em>cronbach’s alpha, </em>sehingga didapatkan butir pernyataan yang valid dan reliabel untuk variabel mutu lulusan 45 butir dan variabel kompetensi profesional guru yaitu 33 butir, dengan subjek penelitian sebanyak 65 Responden yang diambil dengan teknik <em>probability sampling</em> dan <em>simple random </em><em>sampling</em>, di mana pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana sehingga semua subjek diperlakukan dan ditempatkan secara sama. Metode analisis data yang diterapkan adalah statistik inferensial menggunakan uji regresi sederhana, yang didukung oleh program SPSS versi 26, untuk mengetahui pengaruh antara variabel kompetensi profesional guru (X) terhadap mutu lulusan (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi profesional guru terhadap mutu lulusan dengan memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05. Maka dapat diartikan bahwa variabel kompetensi profesional guru (X) berpengaruh positif terhadap mutu lulusan(Y). Oleh sebab itu, agar dapat meningkatkan mutu lulusan diharapkan lembaga sekolah dapat meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengajar sesuai keahliannya.</p>2024-12-24T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Wardatul Musyaropah, M. Robbie Awaludin, Samsul Hudahttps://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/643ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN2025-01-16T00:22:55+00:00Ima Rahmawatidafenta.ima13@gmail.comHana Lestarihana.lestari@inais.ac.idMuhamad Jamilmuhamadjamil@gmail.com<p>Cara suatu lembaga pendidikan untuk memastikan bahwa prosedur dan hasil memenuhi kriteria yang telah ditentukan disebut SPMI. Berbagai literatur terkait, termasuk buku, jurnal, dan makalah penelitian, dikumpulkan dan diperiksa dalam penelitian ini untuk menunjukkan dengan tepat praktik terbaik, hambatan, dan variabel penting yang mempengaruhi kemanjuran SPMI. Temuan analisis menunjukkan bahwa keberhasilan penerapan SPMI dapat meningkatkan standar pendidikan melalui peningkatan pengajaran, pengembangan kurikulum, dan pelaksanaan penilaian berkelanjutan. Keberhasilan SPMI tidak lepas dari beberapa faktor, antara lain dedikasi tim manajemen, pelatihan karyawan, dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan. Namun, untuk mendapatkan hasil terbaik, hambatan seperti keterbatasan sumber daya dan keengganan terhadap perubahan juga harus diatasi. Untuk mencapai pendidikan yang lebih berkualitas, penelitian ini menawarkan saran-saran bermanfaat bagi lembaga pendidikan untuk menciptakan dan menerapkan SPMI.</p>2024-12-24T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Ima Rahmawati, Hana Lestari, Muhamad Jamilhttps://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/648PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN TERHADAP MUTU LAYANAN AKADEMIK PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN BOGOR2025-01-16T08:42:29+00:00Siti Rohmahrohmahnurzulfa@gmail.comTita Hasanahtitahasanah.inais@gmail.comHana Lestarihana.lestari@inais.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi manajemen pendidikan terhadap mutu layanan akademik di Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah <em>kuantitatif</em> dengan metode survei dan menggunakan teknik random <em>sampling</em>. Lokasi penelitian di Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Subjek penelitian sebanyak 104 responden. Teknik analisis datanya adalah statistik inferensial dengan uji regresi sederhana dibantu SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara sistem informasi manajemen pendidikan terhadap mutu layanan akademik dengan nilai R Square = 0,172. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa variabel sistem informasi manajemen pendidikan mempunyai pengaruh terhadap mutu layanan akademik sebesar 17,2%. Oleh karena itu untuk meningkatkan sistem informasi manajemen pendidikan diharapkan setiap satuan pendidikan dapat meningkatkan mutu layanan akademiknya.</p>2024-12-24T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Siti Rohmah, Tita Hasanah, Hana Lestarihttps://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/645PENGARUH MANAJEMEN PENGASUHAN TERHADAP KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNU SINA KABUPATEN BOGOR2025-01-16T04:24:36+00:00Kikih Jakiah Darojahkikihdarojah1212@gmail.comAcep Nugrahaacepnugraha57@gmail.comTita Hasanahtitahasanah.inais@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh dan karakter santri Pondok Pesantren Ibnu Sina Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk mengolah data adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang meliputi analisis determinan, regresi, dan korelasi. Dari 239 anak dalam populasi, sebanyak 150 santri menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja manajemen pola asuh Pondok Pesantren Ibnu Sina dinilai sangat baik dengan skor frekuensi relatif sebesar 78,6%. 2) Persentase karakter santri yang dinilai bervariasi yaitu 81,6% yang termasuk kategori sangat baik. 3) Nilai R Square sebesar 0,093 atau sekitar 9,3% yang menunjukkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh positif terhadap karakter santri, sedangkan sisanya sebesar 90,7% ditentukan oleh faktor lain.</p>2024-12-24T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Kikih Jakiah Darojah, Acep Nugraha, Tita Hasanahhttps://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/652PENDEKATAN SUPERVISI PENDIDIKAN 2025-01-20T05:37:00+00:00Reva Luthfiah As Shidqirevaluthfiahasshidqi03@gmail.comJoko Trimulyojokotrimulyo@gmail.comM. Robbie Awaludinrobie87sy@gmail.com<p>Meningkatkan mutu pendidikan memerlukan supervisi pendidikan yang efektif. Supervisi ini, yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor, bertujuan untuk membimbing guru dalam meningkatkan kemampuan dan kinerjanya. Berbagai pendekatan supervisi dapat diterapkan, dengan pertimbangan tujuan, fokus, dan peran supervisor. Pemilihan pendekatan yang tepat harus mempertimbangkan kebutuhan guru, kondisi sekolah, dan tujuan pendidikan. Pendekatan supervisi yang efektif akan membantu guru meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.</p>2024-12-24T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Reva Luthfiah As Shidqi, Joko Trimulyo, M. Robbie Awaludinhttps://jurnal-inais.id/index.php/EMRR/article/view/654STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA AL AMIN2025-01-20T14:23:55+00:00Ima Rahmawatidafenta.ima13@gmail.comSiti Lutfiatul Hasanahlutfiatulhasanah@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Al Amin. Kurikulum Merdeka, yang dirancang untuk memberikan kebebasan dan keanehan dalam proses pembelajaran, menuntut perubahan signifikan dalam manajemen pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan beberapa kunci strategi, yaitu: (1) visi pengembangan bersama yang jelas mengenai Kurikulum Merdeka, (2) pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru untuk memahami dan menerapkan kurikulum, (3) penciptaan lingkungan belajar yang kondusif, serta (4) kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk orang tua dan masyarakat. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi kepala sekolah dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya penerapan Kurikulum Merdeka yang lebih efektif, serta mendorong peningkatan kualitas pendidikan di SMA Al Amin.</p>2024-12-24T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Ima Rahmawati, Siti Lutfiatul Hasanah