Lestari, H., Rahmawati, I., & Rohimah, S. (2024). DAMPAK SISTEM ZONASI TERHADAP MUTU SEKOLAH: Sistem Zonasi, Mutu Sekolah. JOURNAL EDUCATIONAL MANAGEMENT REVIEWS AND RESEARCH, 3(02), 1–5. https://doi.org/10.56406/emrr.v3i02.646
DAMPAK SISTEM ZONASI TERHADAP MUTU SEKOLAH
Sistem Zonasi, Mutu Sekolah
Rincian Artikel
DAMPAK SISTEM ZONASI TERHADAP MUTU SEKOLAH
Sistem Zonasi, Mutu Sekolah
Isi Artikel Utama
Hana Lestari
Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Institut Agama Islam Sahid Bogor
Ima Rahmawati
Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Institut Agama Islam Sahid Bogor
Siti Rohimah
Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Sahid Bogor
Pemerintah berkomitmen kuat untuk meningkatkan standar pendidikan. Salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas sekolah adalah dengan membuat kebijakan zonasi sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana skema zonasi pemerintah mempengaruhi mutu sekolah. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang mencakup observasi, telaah pustaka, dan teknik wawancara semi-terstruktur. Sebagai investigasi awal, hanya ada satu informan dalam penelitian ini. Dengan memilih individu tertentu yang dianggap memiliki pengetahuan tentang sistem zonasi, desain penelitian kualitatif digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sistem zonasi tidak berpengaruh pada sebagian besar kualitas sekolah baik sebelum maupun setelah diberlakukan.