Cara suatu lembaga pendidikan untuk memastikan bahwa prosedur dan hasil memenuhi kriteria yang telah ditentukan disebut SPMI. Berbagai literatur terkait, termasuk buku, jurnal, dan makalah penelitian, dikumpulkan dan diperiksa dalam penelitian ini untuk menunjukkan dengan tepat praktik terbaik, hambatan, dan variabel penting yang mempengaruhi kemanjuran SPMI. Temuan analisis menunjukkan bahwa keberhasilan penerapan SPMI dapat meningkatkan standar pendidikan melalui peningkatan pengajaran, pengembangan kurikulum, dan pelaksanaan penilaian berkelanjutan. Keberhasilan SPMI tidak lepas dari beberapa faktor, antara lain dedikasi tim manajemen, pelatihan karyawan, dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan. Namun, untuk mendapatkan hasil terbaik, hambatan seperti keterbatasan sumber daya dan keengganan terhadap perubahan juga harus diatasi. Untuk mencapai pendidikan yang lebih berkualitas, penelitian ini menawarkan saran-saran bermanfaat bagi lembaga pendidikan untuk menciptakan dan menerapkan SPMI.