Efektivitas Penerapan Metode Hiwar dan Kisah terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta Didik Kelas V SDN Pannyangkalang Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa
Isi Artikel Utama
Nurafni
Usman
Muhammad Rusmin B
Penelitian ini membahas tentang efektivitas penerapan metode hiwar dan kisah terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas V SDN Pannyangkalang Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk: 1) Mendeskripsikan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti melalui penerapan metode hiwar peserta didik kelas V SDN Pannyangkalang, 2) Mendeskripsikan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti melalui penerapan metode kisah peserta didik kelas V SDN Pannyangkalang, dan 3) Menganalisis tingkat efektivitas penerapan metode hiwar dan kisah terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas V SDN Pannyangkalang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment). Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik SDN Pannyangkalang yang berjumlah 170 anak dengan sampel yaitu kelas V yang berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode hiwar sebesar 81,20 menunjukkan kategori tinggi dan yang menggunakan metode kisah sebesar 86,47 juga menunjukkan kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial untuk hasil belajar menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh sebesar 3,065 dan ttabel sebesar 2,048 sehingga thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode hiwar dan kisah efektif meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas V SDN Pannyangkalang.