Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran two stay two stray pada mata pelajaran PAI di kelas V UPT SDN 16 Pinrang Kec. Watang Sawitto, mendeskripsikan hasil belajar PAI peserta didik di kelas V UPT SDN 16 Pinrang Kec. Watang Sawitto, dan menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar PAI peserta didik di kelas V UPT SDN 16 Pinrang Kec. Watang Sawitto. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode ‘ex post facto’. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas tinggi di UPT SDN 16 Pinrang Kec. Watang Sawitto jumlah 30 dari 92 peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik Pengumpulan data melalui angket tertutup dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran two stay two stray pada mata pelajaran PAI di kelas V UPT SDN 16 Pinrang Kec. Watang Sawitto berada pada kategori sedang yaitu 60%, hasil belajar PAI peserta didik di kelas V UPT SDN 16 Pinrang Kec. Watang Sawitto berada pada kategori sedang yaitu 50%, dan tidak ada pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar PAI peserta didik di kelas V UPT SDN 16 Pinrang Kec. Watang Sawitto. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan uji t yang mendapatkan t-hitung sebesar 0,790 < t-tabel 2,048, serta nilai signifikan sebesar 0,436 > 0,05. sedangkan besarnya sumbangan hanya 2,2% dan sisanya 97,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Dua Tinggal Dua Tamu, Hasil Belajar PAI