Efektivitas Model Pembelajaran LSQ terhadap Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 31 Pulau Samatellu Lompo Kab. Pangkep
Isi Artikel Utama
Rindiani
Usman
M Mirza fatahullah
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penerapan model pembelajaran Learning Start With A Question melalui mata pelajaran PKn pada kelas IV SD Negeri 31 Pulau Samatellu lompo Kabupaten Pangkep, (2) Hasil belajar PKn peserta didik kelas IV SD Negeri 31 Pulau Samatellu Lompo Kabupaten Pangkep sebelum dan sesudah diterapkan model Learning Start With A Question, dan (3) menganalisis tingkat keefektivan model Learning Start With A Question pada pembelajaran PKn terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 31 Pulau Samatellu Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain “One Grup Pretest-Postest”. Penerapan aktivitas belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question pada pertemuan 1 termasuk dalam kategori baik dengan persentasi 66%, sedangkan pada pertemuan 2 termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentasi 88%, dan pada pertemuan 3 termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentasi 100%. Penilaian pada hasil belajar menunjukkan bahwa nilai dari rata-rata hasil belajar sebelum diterapkan model pembelajaran Learning Start With A Question sebesar 42. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar setelah diberikan perlakuan model Learning Start With A Question sebesar 85. Jadi penerapan model Learning Start With A Question efektif dalam meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik kelas IV SD Negeri 31 Pulau Samatellu Lompo Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara Kabupaten Pangkep.