Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan nilai moderasi beragama dalam Buku PAI
dan Budi Pekerti Kelas V SD/MI. (2) Mendeskripsikan implementasi nilai moderasi beragama
dalam Buku Pendidikan Agama Islam pada peserta didik Kelas V SD Negeri 75 Lembanna.
(3) Mengetahui apa yang menjadi hambatan dan solusi guru PAI dalam mengajarkan nilai
moderasi bergama di SDN 75 Lembanna Sinjai Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah
jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam
peneitian ini menunjukkan bahwa Buku PAI dan Budi Pekerti kelas V SD/MI mengandung
beberapa nilai moderasi beragama yang dapat ditanamkan peserta didik sejak dini. Nilai
moderasi beragama pada peserta didik kelas V di SDN 75 Lembanna secara keseluruhan
telah diimplementasikan dengan baik; Hambatan guru dalam mengajarkan moderasi
beragama ialah kurangnya media pembelajaran, latar belakang peserta didik, munculnya
game dan tontonan yang kurang mendidik, kurangnya minat belajar peserta didik. Kemudian,
solusi yang diberikan guru ialah metode pembelajaran variatif, memberi nasihat dan perhatian
khusus, menghubungkan tali silaturahmi dengan orangtua peserta didik, dan memberikan
permainan di sela-sela pembelajaran.
Kata Kunci:
Moderasi Bergama
PAI
Implementasi