Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Al Amin. Kurikulum Merdeka, yang dirancang untuk memberikan kebebasan dan keanehan dalam proses pembelajaran, menuntut perubahan signifikan dalam manajemen pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan beberapa kunci strategi, yaitu: (1) visi pengembangan bersama yang jelas mengenai Kurikulum Merdeka, (2) pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru untuk memahami dan menerapkan kurikulum, (3) penciptaan lingkungan belajar yang kondusif, serta (4) kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk orang tua dan masyarakat. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi kepala sekolah dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya penerapan Kurikulum Merdeka yang lebih efektif, serta mendorong peningkatan kualitas pendidikan di SMA Al Amin.