PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR
Isi Artikel Utama
Ridwanudin
Hana Lestari
Samsul Huda
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan kognitif siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Pamijahan, Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi dan teknik regresi linier sederhana. Subjek penelitian ini siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI Kecamatan Pamijahan, Bogor, yang terdiri dari sebelas sekolah dengan jumlah 302 sampel siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan nilai R square sebesar 0,096 (9,6%) yang menunjukkan bahwa variabel independen (penggunaan gadget) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (perkembangan kognitif) sebesar 9,6%. Sedangkan 90,4% di pengaruhi oleh variabel lainnya. Interpretasi r membuktikan pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan kognitif berada dalam kategori sangat rendah dengan interval koefisien yaitu 0,00-0,199. Hasil uji t ditemukan bahwa t hitung < t tabel (1,676 < 1,968) maka H1 ditolak secara statistik adalah tidak signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih besar dari 0,05 (0,095> 0,05) berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan gadget terhadap perkembangan kognitif.