Analisis Penilaian Ranah Kognitif dalam Perspektif Islam
Isi Artikel Utama
Samsul Huda
Ainun Fitri Yadi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman pendidik tentang
penilaian ranah kognitif. Secara umum pendidikan di Indonesia memiliki peranan yang
sangat penting untuk negara dan bangsa dalam menjamin kelangsungan hidup.
Pendidikan adalah investasi untuk manusia agar menjadi dan menciptakan manusia yang
berkelayakan di masyarakat. Islam memandang evalusi sangat penting, karena dalam
Islam faktor pengukuran, penilaian, ketercapaian suatu ibadah bisa dilihat dari syarat
dan rukunnya ibadah tersebut. Proses belajar mengajar yang baik harus didahului
dengan persiapan yang baik. Oleh karena itu, sudah seharusnya guru sebelum mengajar
menyusun perencanaan atau perangkat pembelajaran. Metode dalam penelitian ini
menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan referensi yang terdiri dari beberapa
penelitian terdahulu. Ranah kognitif merupakan ranah yang berkaitan dengan
pengetahuan. Bloom membagi domain kognitif menjadi enam tingkatan dari
kemampuan terendah ke kemampuan maksimal, yaitu: mengenal, memahami,
mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan sintesis (menciptakan).