Kebiasaan membaca siswa ialah satu di antara kompetensi yang perlu dikuasai siswa, apalagi di abad 21 kini harus dikembangkan ke arah kemampuan literasi. Penelitian ini bertujuan guna memahami dampak lingkungan keluarga pada kebiasaan membaca siswa MI di Desa Situ Udik Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Riset berikut menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penggunaan metode regresi linear sederhana. Populasi pada riset berikut yaitu kelas V yang berjumlah 27 sampel. Teknik yang dijalankan dalam penghimpunan data yakni instrumen berupa angket pernyataan untuk lingkungan keluarga dan kebiasaan membaca berjumlah masing-masing 25 pernyataan. Data yang dihimpun dianalisis memakai regresi linear sederhana. Hasil yang didapatkan yaitu tidak berpengaruh signifikan antara lingkungan keluarga terhadap kebiasaan membaca dikarenakan taraf signifikasi yang didapatkan senilai 0,206 > 0,05. Maka rekomendasi pada riset berikut ialah aspek internal dari diri pelajar harus lebih ditingkatkan lagi dikarenakan faktor internal lebih mempengaruhi daripada faktor eksternal dalam hal kebiasaan membaca.
Kata Kunci:
Family, Reading Habits, Madrasah Ibtidaiyah
Keluarga; Kebiasaan Membaca; Madrasah Ibtidaiyah