PENGARUH PENERAPAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI MENCOBALANG II KABUPATEN GOWA
Isi Artikel Utama
Fitrah Sri Natasya
Marjuni
Hamsiah Djafar
Andi Halimah
Chairati Saleh
Skripsi ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keterampilan menulis puisi peserta didik sebelum penerapan media gambar fotografi Kelas IV SD Negeri Moncobalang II Kabupaten Gowa. (2) Mengetahui keterampilan menulis puisi peserta didik setelah penerapan media gambar fotografi di kelas IV SD Negeri Moncobalang II Kabupaten Gowa. (3) Mengetahui perbedaan keterampilan menulis puisi peserta didik sebelum dan setelah penerapan media gambar di kelas IV SD Negeri Moncobalang II Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Pre-Eksperimen, dengan desain penelitian one-grup pretest-postest design. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan nilai rata-rata realitas menulis puisi pada peserta didik sebelum penerapan media gambar fotografi sebesar 64,33. Sementara nilai rata-rata keteramplan menulis puisi pada peserta didik setelah penerapan media gambar fotografi sebesar 91,67. Hasil analisis data menggunaan uji-t diperoleh nilai persentase pada kategoti sebesar 86,7% dan kategori rendah mencapai 13,3%. Ini menunjukkan terdapat pengaruh positif hasil keterampilan menulis puisi peserta didik di SD Negeri Moncobalang II Kabupaten Gowa sebelum dan setelah penerapan media gambar fotografi dengan hasil uji paired sample t-test dapat dilihat bahwa diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikansi yang diperoleh tersebut lebih kecil dari ???? (0,000 < 0,05). Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah penerapan media gambar fotografi dan dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima.