Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas V sebelum menggunakan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori di SD Negeri Parangloe Lata Kabupaten Gowa. (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas V setelah menggunakan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori di SD Negeri Parangloe Lata Kabupaten Gowa. (3) Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik kelas V sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori di SD Negeri Parangloe Lata Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-exsperimental design dengan jenis desain “one grup pretest-posttest”. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum penerapan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori pada materi cita-citaku menjadi anak shalih sebesar 49,23. (2) Hasil belajar peserta didik setelah penerapan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori pada materi “cita-citaku menjadi anak shalih” sebesar 75,38. (3) Berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000. Nilai signifikansi yang diperoleh tersebut lebih kecil dari ???? (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori dan data rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan sehingga penerapan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori ini berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Parangloe Lata Kabupaten Gowa.
Kata Kunci:
PAI Teaching Materials, Expository Strategy, Learning Outcomes
Bahan Ajar PAI, Strategi Ekspositori, Hasil Belajar