Skripsi ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan metode membaca terbimbing dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SDN Centre Mawang Kab. Gowa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian eksperimental semu (quasi experimental design). Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang tidak menerapkan metode membaca terbimbing berada pada kategori tinggi, dengan skor rata-rata pretest sebesar 61 dan skor rata-rata posttest sebesar 77. Sedangkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menerapkan metode membaca terbimbing berada pada kategori tinggi, dengan skor rata-rata pretest sebesar 59 dan skor rata-rata posttest sebesar 82. Kemudian dari hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan metode membaca terbimbing berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SDN Centre Mawang Kab. Gowa. Dengan nilai korelasinya sebesar 55,4% sedangkan sisanya sebesar 44,6% dipengaruhi oleh variabel lain berada pada kategori sedang.
Kata Kunci:
Reading Comprehension Skills, Guided Reading Method
Keterampilan Membaca Pemahaman, Metode Membaca Terbimbing