EFEKTIVITAS MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH ALAM CIOMAS
Isi Artikel Utama
Muhammad Sandi Irfanuddin
Acep Nugraha
Ahmad Wahyudi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas manajemen pendidikan di Sekolah Alam Ciomas. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini terdiri dari (1) mendeskripsikan kegiatan manajerial berupa segala aspek ruang lingkup manajemen pendidikan di Sekolah Alam Ciomas, (2) menganalisis tingkat efektivitas manajemen pendidikan dengan berdasarkan unsur-unsur manajemen pendidikan yang diterapkan di Sekolah Alam Ciomas. Sekolah alam memiliki beragam kebermanfaatan bagi anak-anak secara mental dan pola berpikir yang kreatif. Memiliki suasana yang dekat dengan alam menjadikan siswa dapat mengekplorasi alam disekitar dan menjadikan pembelajaran yang lebih menyenangkan. Sistem pembelajaran didukung dengan keaktifan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Mempermudah siswa dapat berpikir kritis dengan metode sharing dan diskusi yang diterapkan di sekolah alam ciomas. Terlepas dari segala keuntungan yang dimiliki sekolah, sekolah alam ciomas memiliki beberapa kekurangan seperti kurangnya sumber daya manusia, prasarana perpustakaan yang belum tersedia, dan kurangnya kepuasan orang tua terhadap pelayanan pendidikan di sekolah alam ciomas. Dengan adanya beberapa kekurangan tersebut kegiatan manajemen pendidikan dilakukan secara maksimal dengan memperhatikan segala aspek unsur-unsur manajemen yang berjalan secara efektif dan efisien.