MEDIA POBSGI (POP UP BOOK SUMBER ENERGI) ILMU PENGETAHUAN ‘’ SUMBER ENERGI’’ DI KELAS III SDN GN. PICUNG 08
Isi Artikel Utama
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalah yang diketahui adanya siswa yang kurang pemahamannya akan materi IPA khususnya pada materi sumber energi di kelas III, serta kurangnya fasilitas di sekolah sehingga dibutuhkan media sebagai pnunjang pembelajaran salah satunya Pobsgi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap materi yang kurang dipahami dalam pembelajaran IPA materi sumber energi pada kelas 3 subtema 1 di SDN GN. Picung 08 dalam penelitian ini menggunakan research and development dengan model tetapi dibatasi hanya sampai development. Maka dengan itu diperlukan penelitian media pembelajaran POBSGI (pop up book sumber energi). Hasil validator yang dilakukan oleh 2 validator, yaitu ahli materi dan ahli media, media pembelajaran ini memperoleh angka 85,88% ahli materi dan 87% ahli media. Adapun dari kedua angka tersebut memperoleh nilai diatas rata-rata, maka hasil penelitian tersebut dikategorikan ‘’sangat valid‘’. Dengan hasil presentasi terebut maka media ini sudah layak untu diuji cobakan sebagai pengembangan dari media pembelajaran.
Desi, R. (2020). Pengembangan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Struktur Atom Di SMA Inshafudin Bandan Aceh. Pendidikan.
Harianja, J. K., Subakti, H., Avicenna, A., Rambe, S. A., Muhammad, H., Ramadhani, Y. R., Sartika, S. H., Nirbita, B. N., Chamidah, D., Rahmawati, I., Lestari, H., & Panjaitan, M. M. J. (2022). Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif.
Hutauruk, A., Subakti, H., Simarmata, D., Lestari, H., Al Haddar, G., Da’i, M., Purba, S., Khalik, M., & Cahyaningrum, V. (2022). Media Pembelajaran dan TIK. In Jakarta : Yayasan Kita Menulis (Vol. 5, Issue 3).
Khoirun Nisa, J. (2020). pengembangan media monopoli tentang sumber energi dan perubahannya pada pembelajaran IPA siswa kelas IV di sekolah dasar. jurnal PGSD , Vol. 8 no. 4. 693-703.
Lestari, H., Banila, L., & Siskandar, R. (2019). Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis STEM Improving Student ’ S Science Literacy Competencies Based On Learning Independence With Stem Learning. 14(2), 18–23.
Lestari, H., Putriani, S., & Rahmawati, I. (2022). Kontribusi Gaya Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Anwarul Hidayah. Kajian Islam Modern, 08(02), 2–9. https://doi.org/https://doi.org/10.56406/jurnalkajianislammodern.v8i02.111
Lestari, H., Rahmawati, I., Ali, M., Sopandi, W., & Wulan, A. R. (2023). An Innovative Approach to Environmental Literacy : The Sustainable RADEC Learning Model for Elementary Schools. Al Ibtida, 10, 189–210.
Lestari, H., Setiawan, W., & Siskandar, R. (2020). Science Literacy Ability of Elementary Students Through Nature of Science-based Learning with the Utilization of the Ministry of Education and Culture ’ s " Learning House ". Journal of Research in Science Education, 6(2), 215–220. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.410
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Munandar, H., Haddar, G. Al, B, A. W., Lestari, H., Agusalim, Agustina, M. T., Rasyidah, U. I., Pratiwi, I. I., Maharti, R. A. K. M., Rumtutuly, F., & Sartini, D. (2023). Manajemen Peserta Didik. Penerbit : Yayasan Kita Menulis.
Magdalena, I. A. (2021). pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN Meruya Selatan 06 pagi. jurnal edukasi dan sains.
Masturah Diah Elisa, d. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolh Dasar. jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 6 No(2) pp. 212-221.
Muchtar Dahlan Ahmad, S. A. (2019). pendidikan karakter menurut kemendikbud (telaah pemikiran atas kemendikbud). jurnal pendidikan, vol. 3 No.2.
Muhammad, R. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. kalimantan selatan: IAIN Antasari Press.
Mutia. (2021).characteristics of children age of basic education .
Purba, Chamidah, D., Anzelina, D., Nugroho, A., Mary, M., Lestari, H., Salamun, Suesilowati, Rahmawati, I., & Kato, I. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Yayasan Kita Menulis. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan pesrta didik. jurnal Tarbiyah islamiyah .
Sinta Laras, S. H. (2022). implementasi penguatan pendidikan karakter pada siswa kelas rendah di sekolah dasar. jurnal pendidikan anak usia dini .
Sitti, d. Y. (2020). Hububgab Antara Keterampilan Proses SAINS Dengan Hasil Belajar IPA P eserta Didik SMPN 40 Makasar. Jurnal IPA Terpadu, VOL.3 N0 2.
Surahman, P. I. (n.d.). Mennigkatkan Hasil Belajar Sswa Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasa Hidup Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Melalui Media Kontekstual Pada Siswa Kelas II SD Alkhairaat Towera. Kreatif Tadulako Online, Vol. 3 No. 4.
Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran RADEC Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawa Pendas, 8(1), 47–56.
Zulvira. riri, N. (2021). Karakteristik siswa kelas rendah sekolah dasar. pendidikan tambusai, 1846-1851.