Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pendidikan pembangunan berkelanjutan dimensi pelestarian lingkungan melalui model RADEC pada pembelajaran IPA di sekolah dasar (SD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan 4 guru dan 20 siswa sekolah dasar di Kota Bogor yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumen kurikulum IPA SD, yang diolah menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara umum indikator yang diturunkan dari kompetensi dasar dapat diorientasikan dengan tujuan pendidikan berkelanjutan dimensi pelestarian lingkungan; (2) Pembelajaran IPA yang dikemas dalam pembelajaran tematik di tingkat sekolah dasar dapat memberikan peluang dalam proses implementasi pendidikan pembangunan berkelanjutan secara holistik dan komprehensif; (3) Model RADEC dapat menstimulus siswa belajar aktif, tidak hanya menguasai konsep pelestarian lingkungan namun keterampilan berpikir dan sikap dalam melestarikan lingkungan; (4) Model RADEC dapat diterapkan dalam pembelajaran online secara sinkron dan asinkron sehingga cocok digunakan pada masa pandemi Covid 19.
Kata Kunci:
Model RADEC, pendidikan pembangunan berkelanjutan, pelestarian lingkungan, pembelajaran IPA, Sekolah Dasar
ESD, Elementary Schools, RADEC learning model