Kontribusi Gaya Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Anwarul Hidayah
Isi Artikel Utama
Hana Lestari
Siska Putriani
Ima Rahmawati
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kontribusi gaya belajar terhadap minat belajar pada madrasah ibtidaiyah anwarul hidayah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan metode korelasional dengan tujuan mengetahui kontribusi gaya belajar terhadap minat belajar siswa SD/MI, serta memprediksikan besar kontribusi antara gaya belajar terhadap minat belajar. Instrumen yang dipakai dalam penelitin ini adalah berupa angket, angket yang digunakan adalah berupa angket tertutup dengan skala likert, dengan meyebarkan angket kepada 127 siswa yang terdiri dari kelas IV, V, VI, di MI. Data yang yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan uji Regresi Linear Sederhana dengan menggunakan SPSS 25 pada α (0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa Gaya belajar online maupun gaya belajar offline memiliki kontribusi yang besar, hal ini dibuktikan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 dengan nilai F sebesar 41222.917. probabilitas yang didapatkan lebih kecil dari parag signifkan 0,05 yang artinya terdapat kontribusi yang signifikan antara gaya belajar online dengan minat belajar online dan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 dengan nilai F sebesar 70302.058. probabilitas yang didapatkan lebih kecil dari parag signifkan 0,05 yang artinya terdapat kontribusi antara gaya belajar offline dengan minat belajar offline. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Gaya belajar online maupun gaya belajar offline memiliki kontribusi yang besar jika gaya belajar meningkat maka minat belajar akan meningkat begitu pun sebaliknya jika gaya belajar menurun maka minat belajar menurun.