PENGARUH KOMPETENSI PROFESSIONAL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MUTU PROSES PEMBELAJARAN PADA SATUAN PENDIDIKAN SD NEGERI DI DESA CIBATOK
Isi Artikel Utama
Pendidikan merupakan suatu hal yang sudah melekat pada kehidupan manusia dan menjadi harapan untuk sebuah dunia pendidikan agar dapat melahirkan generasi yang bermutu, berakhlak, inovasi, kreatif dan mampu bersaing di masa yang akan datang. Terlahirnya generasi yang bermutu tersebut tentu harus didukung oleh kompetensi profesional dan fasilitas sekolah yang mendukung maka jika semuanya sudah terpenuhi maka sebuah keberhasilan mutu proses pembelajara pun akan tercapai. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan fasilitas belajar terhadap mutu proses pembelajaran pada satuan Pendidikan SD negeri di desa cibatok. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei untuk mengetahui pengaruh variabel dan untuk menguji beberapa hipotesis. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik non-tes yakni untuk memperoleh keterangan atau data yang diperlukan peneliti. Dengan teknik pengumpulan data primer dan data sekunder contohnya seperti penyebaran instrument angket. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kompetensi profesional dan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap mutu proses pembelajaran, atas dasar ini maka dinyatakan bahwa variabel kompetensi profesional dan fasilitas belajar dapat maksimal untuk meningkatkan variabel mutu proses pembelajaran di SD Negeri Desa Cibatok. Hal ini dibuktikan dengan probabilitas nilai Sig. yang diperoleh sebesar 0.000<0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel kompetensi profesional (X1) dan fasilitas belajar (X2) secara bersama-sama terhadap mutu proses pembelajaran (Y). Maka dapat diartikan bahwa kedua faktor ini dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran
Alam Muhamad Ikbal Madrasah Aliyah Negeri, P., Jl Yani, G. A., Kota, G., Garut, K., & Barat, J. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3(1), 65–75. Http://Journal.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Isema
Ali, T., Mawardi, A., Tri, D., & Yanto, P. (N.D.). Pelatihan PLC Dan Elektropneumatik Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SMK Bidang Ketenagalistrikan: Implementasi Revolusi Industri 4.0. 5, 2019. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Danvokasional), 5(2) Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jtev/Indexjtev
Astutik, M., Negeri, S., Situbondo, P., Jurusan, W., & Fakultas Ekonomi, M. (N.D.). (2016). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Ketersediaan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 2 (1).
Bina, S., Gorontalo, T., Jaksa, J., Suprapto, A., 40, N., & Alamat, G. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa I Kadek Satria Arsana. Jurnal Pendidikan Sosial, 6 (2). Https://Puspendik.Kemdikbud.Go.Id/Hasil-Un/:Diakses
Darianto Siahaan, C., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Sekolah, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar economic Education Analysis Journal 7(1) Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Eeaj
Desak, & Sitaasih, K. (2020). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241–247.
Komara, E. Kompetensi Profesional Pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara) Di Indonesia. (2019). jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 4(1). Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Mimbardik
Febriani, P. S., & Sarino, A. (2017). Dampak Cara Belajar Dan Fasilitas Belajar Dalam Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan The Impact Of Learning Styles And Learning Facilities On Increase Student Learning Achievement At Vocational High School. Jurnal manajerial 2,(1). Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Manajerial/
Hambali, I. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran. Jurnal Edumaspu 5, (1).
Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V3i1.9452
Indah, O. Utami, H., Hasanah, A., Tarbiyah, F., Keguruan, I., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (N.D.). Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di Sd Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. jurnal Basicedu 2(2).
Iskandar, D. (2018). Implementasi Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal Of Management Review, 2(3), 261. Https://Doi.Org/10.25157/Jmr.V2i3.1804
Islamiyah, N. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi 2017 Universitas Negeri Surabaya. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(1), 23. Https://Doi.Org/10.26740/Jpeka.V3n1.P23-32
Juliasari, N., Kusmanto, B., Sarjanawiyata, U., & Yogyakarta, T. (2016). Hubungan Antara Manajemen Waktu Belajar, Motivasi Belajar, Dan Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp Kelas Viii Se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta. In Jurnal Pendidikan Matematika 4, (3).
Mulyani. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Pada Mtsn 1 Serang Melalui Peningkatan Kompetensi Profesional Dan Pedagogik. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 5(01), 87–96. Http://Jurnal.Uinbanten.Ac.Id/Index.Php/Tarbawi
Ketut, O., Sastrawan, B., Pendidik, T., Mpu, S., & Singaraja, K. (N.D.). Profesionalisme Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu.
Khairunnisa, R., Aslindah, A., & Rahmadana, A. F. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN 001 Samarinda Utara. Jurnal Pendas Mahakam 4, (2).
Kristen, U., Wacana, S., Tius, R., Margareta, E., Manajemen, M., Universitas, P., Wacana, K. S., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2018). Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan Magister Manajemen Pendidikan FKIP Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Jurnal Manajemen Pendidikan , 1–14.
Larasati, V., & Gafur, A. (2018). Hubungan Kompetensi Pedagogis Dan Kompetensi Profesional Guru Ppkn Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 15,(1). Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Civics/Index
Fitriani, C., Ar, M., & Usman, N. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 8(2), 88–95.
Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mts Ddi Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Improving Professional Competence Of Teacher At Mts Ddi Padanglampe Through Writing Training Of Scientific Papers 1). Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 2(2).
Sunadi Fakultas Ekonomi, L., & Ketintang Surabaya, K. (N.D.). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Muhamad, H., Efendi, A., & Basori, B. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 12(1), 56. Https://Doi.Org/10.20961/Jiptek.V12i1.19118
Mustadi, A., Zubaidah, E., & Sumardi, D. (N.D.). Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar The Role Of School Committee In Improving Primary Education Quality. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3.
Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2020). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 76–81. Https://Doi.Org/10.31949/Jb.V1i2.234
Naro, W., Tarbiyah, F., Uin, K., Makassar, A., & Yasin, J. H. M. (2017). Komitmen Profesi Dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Profesional Guru Pada Madrasah Tsanawiyah Di Kota Makassar. Jurnal Pendidikan 4(1).
Nasution, M., & Pendidikan Tapanuli Selatan, I. (2020). Upaya Guru Agama Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTsN 3 Padangsidimpuan. Jurnal Darul Ilmi, 8(2).
Nopriansyah, U., & Purnama, S. Korelasi Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak Terhadap Kinerja Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru. AL ATHFAAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Uisa Dini, 2(1). Http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Al-Athfaal
Prianto, A., Pd, M., Putri, T. H., & Pd, S. (2017). Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar, Dukungan Orang Tua Yang Dirasakan Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SMA PGRI Ngimbang Lamongan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, dan Manajemen (JPEKBM) 1, (2).
Rahayu, D. S., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 212–224. Https://Doi.Org/10.37478/Jpm.V2i2.1035