Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam pelaksanaan penilaian autentik di MI Perguruan Islam Ganra Kab. Soppeng. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket yang dilaksanakan di MI Perguruan Islam Ganra. Populasi dalam penelitian ini semua guru kelas di MI Perguruan Islam sebanyak 6 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 orang dengan menggunakan metode sampling jenuh. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam menganalisis kualitas penilaian serta penetapan acuan kriteria masih memerlukan perhatian khusus dan perlu ditingkatkan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya komponen yang harus diperhatikan secara bersamaan dalam penilaian autentik. Serta yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan penilaian autentik yaitu guru kesulitan dalam mendeskripsikan hasil penilaian, banyaknya komponen yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan penilaian, rekap nilai guru masih dilakukan secara manual, dan guru masih mengalami kendala dalam perhitungan nilai akhir. Hal ini mengindikasikan bahwa hambatan dalam pelaksanaan penilaian autentik masih perlu diperhatikan.
Kata Kunci:
Authentic Assessment, Madrasah Ibtidaiyah, Teacher Skills
Penilaian Autentik, Madrasah Ibtidaiyah, Keterampilan Guru