Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar tematik kelas VI sebelum menggunakan media 3 dimensi berbasis metode diskusi, 2) Mengetahui hasil belajar tematik kelas VI sesudah menggunakan media 3 dimensi berbasis metode diskusi, 3) Mengetahui seberapa berpengaruh penggunaan media 3 dimensi berbasis metode diskusi terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas VI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan jenis desain One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis deskriptif hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 17 Kabupaten Barru sebelum menggunakan media 3 dimensi berbasis metode diskusi rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik yakni 58.76, dengan nilai maksimum 67 dan minimum 52. Hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 17 Kabupaten Barru sesudah menggunakan media 3 dimensi berbasis metode diskusi rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik yakni 78,84, dengan nilai maksimum 88 dan minimum 73. Berdasarkan hasil analisis diatas, diperoleh hipotesis bahwa penggunaan media 3 dimensi berbasis metode diskusi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas VI SD Negeri 17 Kab. Barru.
Kata Kunci:
3 Dimensional Media, Learning Outcomes, Thematic
Media 3 Dimensi, Hasil Belajar, Tematik