PENDIDIKAN ISLAM DAN LIBERALISASI PENDIDIKAN
Isi Artikel Utama
Husni Mubarok
Anton Pardiansyah
Mumu Zainal Mutaqin
Muhammad Arifin
Liberalisasi pendidikan telah menjadi fenomena global yang membawa perubahan signifikan dalam berbagai sistem pendidikan, termasuk pendidikan Islam. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak liberalisasi pendidikan terhadap pendidikan Islam serta mencari solusi untuk mengintegrasikan kedua konsep tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber akademik, termasuk buku, jurnal, dan laporan resmi terkait pendidikan Islam dan liberalisasi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa liberalisasi pendidikan memiliki dampak positif dan negatif terhadap pendidikan Islam. Dari sisi positif, liberalisasi meningkatkan akses terhadap pendidikan berkualitas dan mendorong inovasi dalam kurikulum serta metode pengajaran. Namun, dari sisi negatif, terdapat ancaman terhadap nilai-nilai Islam akibat pengaruh budaya sekuler yang semakin berkembang. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa liberalisasi dapat menyebabkan pergeseran nilai dalam pendidikan Islam, sehingga diperlukan strategi adaptasi yang efektif. Untuk menghadapi tantangan tersebut, institusi pendidikan Islam perlu mengadopsi pendekatan inovatif, seperti pengintegrasian ilmu pengetahuan modern dengan ajaran Islam dan penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif. Selain itu, peran pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam memberikan dukungan kebijakan dan sumber daya bagi pendidikan Islam agar tetap relevan di era liberalisasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Islam harus mampu beradaptasi dengan perubahan tanpa kehilangan jati dirinya. Dengan strategi yang tepat, pendidikan Islam dapat tetap berkembang dan memberikan kontribusi positif dalam membangun peradaban yang berlandaskan nilai-nilai Islam.
Abdurrahman. (2024). Metode Penelitian Kepustakaan dalam Pendidikan Islam. Adabuna : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 3(2), 102–113. https://doi.org/10.38073/adabuna.v3i2.1563
Abdurrahman, M. F. (2023). Liberalisasi Pendidikan Islam di Indonesia. Shibgoh: Prosiding Ilmu Pendidikan UNIDA Gontor, 1, 523.
Ahmad, A. (2021). Konsep Ta’dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 13(1), 32–50. https://doi.org/10.37252/an-nur.v13i1.98
Asnawan, A., Bashith, A., & In Ratnasari, K. (2022). Dinamika Pendidikan Islam dan Liberalisasi Pendidikan di Indonesia. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 13(2), 185–196. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v13i2.247
Attas, S. M. N. Al. (1977). The Concept Of Education In Islam. In First World Conference on Muslim Education held in Makkah (Vol. 1, pp. 25–39).
Hadi, A. (2019). Dinamika Pendidikan Islam dan Liberalisasi Pendidikan di Indonesia. Falasifa, 11(1), 1–14.
Harahap, N. (2014a). Penelitian Kepustaka. Jurnal Iqra, 8(1), 68–73.
Harahap, N. (2014b). Penelitian Kepustakaan. Iqra’, 8(1), 1–14.
Ismael, F., & Husni, A. (2023). Karakteristik Pendidikan Islam di Banten. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 55.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188
Sholihah, K. (2021). Perubahan Sosial (Sosial Change) Dalam Pendidikan Agama Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2), 114–131. https://doi.org/10.52166/talim.v4i2.2502
Thawabie, S. M., Hasanah, Hasanah, & Qaribilla, R. (2025). Pendidikan Agama Islam di Tengah Tantangan Sekularisasi dan Liberalisasi Pendidikan. Journal Scientific of Mandalika (Jsm), 6(5), 1343–1350.
The World Bank. (2020). The Promise of Education in Indonesia. In Australian Government. https://doi.org/10.1596/34807
UNESCO. (2004). Education for All.
Williamson Nalle, V. N. (2016). Mengembalikan Tanggung Jawab Negara dalam Pendidikan: Kritik Terhadap Liberalisasi Pendidikan dalam Uu Sisdiknas dan Uu Bhp. Jurnal Konstitusi, 8(4), 551. https://doi.org/10.31078/jk846














