HUBUNGAN JUMLAH HAFALAN SANTRI DENGAN KECERDASAN INTELEKTUAL DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN MATHLA’UL ANWAR (TAQURMA) PANDEGLANG
Isi Artikel Utama
Siti Nurafifah
Mumu Zainal Mutaqin
Eha Suhayati
Kecerdasan intelektual bisa mempengaruhi proses menghafal lebih mudah, sebaliknya menghafal Al-Qu’an dengan jumlah yang sedikit atau banyak bisa mencerdaskan seseorang, baik intelektual, emosioal, ataupun spiritual. Standarisasi Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Mathla’ul Anwar mencakup jumlah hafalan yang diharapkan dari santri pada setiap tingkatan kelas. Setiap santri dapat mencapai target yang telah ditentukan oleh Pondok Pesantren yaitu 6 juz. Walaupun secara umun semua santri memiliki jadwal kegiatan dan metode yang digunakan pembimbing sama, namun, dari hasil rekapitulasi laporan pencapaian santri pada pertengahan semester awal tahun 2024, terdapat perbedaan yang mencolok dalam pencapaian hafalan di antara para santri. Beberapa santri mungkin telah mencapai target hafalan juz 2 dan 3 dengan baik, sementara yang lain menghadapi kesulitan yang signifikan untuk mencapai target tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan ini bisa meliputi berbagai aspek, seperti metode belajar individu, tingkat motivasi, dukungan yang diterima, serta faktor-faktor pribadi lainnya
Bahruddin. (2022). Al-Qur’an Dan Cara Menghafalnya. Jawa Tengah: Cv. Eureka Media Aksara
Djamarah Syaiful, Bahri. (2008) Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Sulistiya, Febri. (2016) Pengaruh Tingkat Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Di Smpn 15 Yogyakarta, Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 15
Nur'aini. (2020) Metode Pengajaran Al-Qur’an dan Seni Baca Al-Qur’an dengan Ilmu Tajwid. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Nurdamayanti, Eka, dkk. 2023 “Hubungan Antara Menghafal al-Qur’an Dengan Kecerdasan Kognitif Pada Santri Usia 11-18 Tahun Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurussalam Batulicin Tanah Bumbu”. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, vol. 5, No.1
Qadratillah, Meity Taqdir dkk. (2011) Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta: Perpusnas
R. J. Sternberg, Kaufman SB. 2011 The Cambridge Handbook of Intelligence. Cambridge. Cambridge University Press.
Sudrajat dan Sanin. (2023) “Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Intelektual Peserta Didik Kelas Viii Di Madrasah Tsanawiyah Sepatan Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, Vol. 3, No. 3
Sugiyono. (2011) Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Wardiana. Uswah. (2004) Psikologi Umum, Jakarta: Pt. Bina Ilmu
Yusron. Masduki, (2018) Implikasi Psikologis Bagi Penghafal al-Qur’an, Jakarta: Medina-Te.
Zainuddin dan MUhammad Ihsan. (2019) Menghafal Al- Qur’an; Adab Dan Hukumnya, E-Book Islam.