PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SD
Isi Artikel Utama
hana lestari
Ima Rahmawati
Rusdiono Mukri
Pirda Amaliyah
Keterampilan untuk menyampaikan konsep matematika baik secara verbal maupun non verbal dikenal sebagai komunikasi matematis. Komunikasi matematis siswa dapat ditingkatkan melalui model PBL berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model PBL berbasis etnomatematika untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV di SDN Cibening 01 Kecamatan Paamijahan Kabupaten Bogor. Sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan sampel total di kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes komunikasi matematis siswa dan lembar observasi keterlaksanaan model PBL berbasis etnomatematika. Tes komunikasi matematis dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pretest dan posttest. Penelitian diperoleh skor rata-rata komunikasi matematis siswa pada pretest sebesar 50,78 % sedangkan pada posttest sebesar 82,07%. Pengolahan data dianalisis menggunakan SPSS 26 for windows dengan uji Paired Sample t-test dengan α (0,01) dengan pemerolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,01. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan komunikasi matematis siswa antara pretest dan posstest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan komunikasi matematis siswa sebelum dan setelah diterapkannnya model PBL berbasis etnomatematika di kelas IV SDN Cibening 01.
Asmara, A., & Septiana, A. (2023). Model Pembelajaran Berkonteks Masalah. In M. Suardi (Ed.), Sustainability (Switzerland). CV. Azka Pustaka.
Christensen, L. B., Johnson, R. B., & Turner, L. A. (2015). Research Designs, Method, and Analysis. In Pearson.
Febrita, I., & Harni. (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619–1633. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.627
Fitri, A., & Darhi, D. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Motivasi Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2002–2010. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2267
Fitri, F. M., Lestari, P., Anggraini, D., & Sari, L. P. K. (2023). Analisis Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika SD. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Ke-2, 2(1), 305–309.
Istiqomah, F., Firdaus, A., & Dewi, R. S. (2023). Analisis Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Problem Based Learning dan Project Based Learning. Journal on Education, 06(01), 9245–9256.
Kemenag. (2022). Laporan Hasil AKMI 2021.
Kemendikbud. (2024). Kurikulum Merdeka.
Lestari, H. (2020). Peningkatan Pemahaman Nature of Science (NOS) Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Tingkat Efikasi Diri. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 2(1), 228–250.
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Lestari, H., Trimulyo, J., & Kristina, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MI / SD. 3 Rd E-Proceeding SENRIABDI 2023, 3, 813–824.
Lubis, R. N., Meiliasari, & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 2(2), 23–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03
Nizam. (2016). Ringkasan hasil-hasil asesmen belajar dari hasil UN, PISA, TIMSS, dan INAP. In Seminar Puspendik 2016.
Nopiani, S., Purnamasari, I., Nuvitalia, D., & Rahmawati, A. (2023). Kompetensi 4C Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5202–5210. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1136
OECD. (2022). PISA 2022 Mathematics Framework.
Permendikbud. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Purnawinadi, I. G., Irdiyansyah, I., S, W., Ananto, N., Saftari, M., Hutagaol, K., & Lestari, H. (2023). Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Program SPSS. In Yayasan Kita Menulis. http%3A%2F%2Fwww.dise.in%2Fdownloads%2Fpublications%2Fpublications%25202010-11%2Fflash%2520statistics-2010-11.pdf
Purwati, S., & Darussyamsu, R. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan. Prosiding SEMNAS BIO 2021, 5(02), 299–311.
Siregar, R., Ika, Situmorang, K., & Lestari, H. (2025). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yayasan Kita Menulis.
Soesana, A., Subakti, H., Karwanto, A., Kuswandi, F. S., Lena Sastri, I. F., Aswan, N., Hasibuan, F. A., & Lestari, H. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetakan ke). Alfabeta.
Sukriyatun, G., Mujahidin, E., & Tanjung, H. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Inovasi Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Islam, 12(02), 1041–1067. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3935
Supardi. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas Xi Tia Smkn 2 Bogor. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6600
Wiyanto. (2021). Pelatihan Penerapan Berfikir Kritis dengan Model PBL bagi Siswa SMK YPUI Parung Bogor. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 417–423. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.6487
Yuningsih, Sugiman, & Munahefi, D. N. (2024). Studi Literatur : Model Pembelajaran Problem Based Learning Barbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prisma, 7, 958–967.