KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMITMEN KERJA GURU SMK
Isi Artikel Utama
Ima Rahmawati
Siti Nur Aida
Hana Lestari
Muzhir Ihsan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap komitmen kerja guru di SMK Swasta Se-Kecamatan Pamijahan Bogor yang terakreditasi B. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei, yang dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner kepada 56 responden yang merupakan guru di sekolah-sekolah tersebut. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-probability sampling dengan pendekatan sampel total. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang mencakup indikator keterampilan manajerial dan komitmen kerja guru. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh keterampilan manajerial terhadap komitmen kerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan manajerial kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen kerja guru. Analisis regresi menghasilkan persamaan Y = 40.441 + 0.582X, dengan t-hitung sebesar 5.382 yang lebih besar dari t-tabel (2.395), serta p-value 0.000 yang lebih kecil dari α = 0.01, yang menandakan pengaruh signifikan dari keterampilan manajerial terhadap komitmen kerja guru. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar kepala sekolah mengembangkan keterampilan manajerial mereka, terutama dalam perencanaan, pengorganisasian, dan komunikasi yang efektif, untuk meningkatkan komitmen kerja guru. Selain itu, dinas pendidikan setempat disarankan untuk memberikan pelatihan lebih lanjut bagi kepala sekolah dalam hal keterampilan manajerial untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih kondusif bagi para guru.
Bass, B. M. (1999). Two Decades of Research and Development in Transformational Leadership. European Journal of Work and Organizational Psychology, 8(1), 9-32.
Daft, R. L. (2016). Management. 12th edition. Cengage Learning.
Lestari, H., & Rahmawati, I. (2020, February). Commitment to Teacher’s Work and Authentic Leadership in the Industrial Revolution Era 4.0. In 3rd International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2019) (pp. 76-79). Atlantis Press.
Rahmawati, I. (2024). Supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru di SMAN 1 cibungbulang. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(2), 797-804.
Rahmawati, I., Hasanah, S. L., & Fahrurrobi, N. (2023). Kepemimpinan Guru Sebagai Role Model Di Sekolah. Jurnal Kajian Islam Modern, 9(01), 52-56.
Rahmawati, I., Lestari, H., Herlina, B., Trimulyo, J., Ihsan, M., & Awaludin, M. R. (2024a, March). Development of Technopreneur Leadership to Improve High School Teachers' Teaching Performance: Innovative Approaches in Education. In Proceeding of the International Conference on Multidisciplinary Research for Sustainable Innovation (Vol. 1, No. 1, pp. 150-153).
Rahmawati, I., Lestari, H., & Sa’diyah, Z. (2024). Empowering Technopreneurial Leadership: Fostering Innovative Behavior among Islamic School Teachers. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 146-158.
Robinson, V. M. J. (2007). School Leadership and Student Outcomes: Identifying What Works and Why. Australian Council for Educational Research.
Slamet, A., & Rahayu, A. (2018). Pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 51(2), 1-9
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (mixed Methods). Alfabeta.
Supardi, A. (2017). Manajemen pendidikan (2nd ed.). Rajawali Press.
Tarman, B. (2015). Kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 79-88.
Yukl, G. (2010). Leadership in Organizations (7th ed.). Pearson.