EFEKTIVITAS WEBINAR EDUKASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN GURU DI KABUPATEN BOGOR
Isi Artikel Utama
Tita Hasanah
Vivi Irzalinda
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektifitas kegiatan webinar yang sejak pandemi Covid-19 semakin marak dilakukan oleh banyak kalangan. Metode penelitian yang dilakukan ialah Pre-Experimental dengan desain one group pretest posttest. Perlakuan yang diberikan berupa kegiatan webinar melalui Zoom Meeting. Populasi penelitian ini ialah guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Sampel penelitian diambil dengan Teknik quota sampling sebanyak 30 orang yang memenuhi kriteria tertentu. Data primernya berupa hasil tes yang diberikan sebelum dan setelah kegiatan webinar diberikan kepada sampel. Analisis penelitiannya ialah analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan Paired Samples T-Test. Hasil uji beda berpasangan menunjukkan terdapat nilai signifikansi p=0.000 (p<0.05), artinya ada perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan setelah para guru mengikuti kegiatan webinar.
BPS Kab.Bogor. (2022). Kabupaten Bogor Dalam Angka 2022.
Dikmas, P. (2019). Buku PAUD Dikmas. https://repositori.kemdikbud.go.id/6083/1/BUKU PAUD DIKMAS-isi.pdf
Ewo, M. A., Formen, A., & Aeni, K. (2023). Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD Ditinjau dari Kualifikasi Akademik dalam Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2413–2427. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4266
Haty, T. J. P. P., Atikah, C., & Rusdiyani, I. (2023). Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru Paud Terhadap Kemampuan Menyusun Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Golden Age, 07(02), 443–448.
Kelana, J., Ayu Wulandari, M., Savira Wardani, D., & Artikel, R. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Sains. Jurnal Elementary, 4(1), 18–22. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary
Kemensekneg. (2017). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 ,2017 Tentang Guru. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017, Volume 09(Nomor 03), Hal 270.
Kuntarto, E., Sofwan, M., & Mulyani, N. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 49–62. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15742
Nation, U. (2016). Transforming our world: 2030 Agenda for sustainable development. In Arsenic Research and Global Sustainability - Proceedings of the 6th International Congress on Arsenic in the Environment, AS 2016. https://doi.org/10.1201/b20466-7
Riyanti, E., Atikah, C., & Rosidah, L. (2023). Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di Kecamatan Sobang. … : Jurnal Program Studi …, 9, 119–129. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1538
Santrock, J. W. (2011). Child development : an introduction (13th ed.). McGraw-Hill.
Setiani, A. (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2, 523–530. http://www.academia.edu/download/64015904/M Darul Aksan F.pdf
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suhartini, T. (2018). Makna Kerja Bagi Pendidik Pendidikan Anak Usia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10803
Sutria, Y., & Lubis, R. H. (2021). APLIKASI ZOOM MEETING CLOUD SEBAGAI Yuna Sutria *, 2 Rajo Hasim Lubis Program Studi Nautika , Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan Jl . Brigjend . Bejo d / h Pertempuran No . 125 , Pulo Brayan Medan , 20116 , Medan , Sumatera Utara , Indonesia Progr. 2.
Tarida, A. R., & Khadafy, A. R. (2021). Statistik Paud Pendidikan Anak Usia Dini 2019/2020. In Tanggerang: Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
World Bank. (2017). The Global Human Capital Report 2017. In World Economic Forum.