Kompetensi Guru dalam Mengelola Kelas pada Pembelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Penggerak SDN Cimayang 01 Pamijahan Bogor
Isi Artikel Utama
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran matematika di sekolah penggerak dan menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Objek peneliti terdiri dari informan kunci yaitu kepala sekolah dan informan spesialisasi yaitu guru dan siswa kelas V SDN Cimayang 01 Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru di SDN Cimayang 01 sudah memahami teknik dalam mengelola kelas, hal ini dapat dilihat dari keterampilan guru dalam mengondisikan kelas, sikap tanggap, pemberian perhatian yang merata, terampil memberikan petunjuk dan tujuan, terampil memberi teguran, serta terampil dalam memberikan penguatan. Keterampilan guru tersebut sekaligus menjadi faktor pendukung keberhasilan guru dalam mengelola kelas. Sedangkan kendala guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran matematika yaitu sistem kurikulum yang selalu berubah, keterbatasan guru dalam menguasai pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka, faktor dari siswa itu sendiri, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah.
Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).
Widiasworo, E. (2018). Cerdas pengelolaan kelas. Diva Press.
Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Noermayanti, M. A., & Isnaini, R. L. (2022). Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Anak Asuh di Panti Asuhan Sinar Melati Yogyakarta. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(2), 155.
Purwati, I. (2020). Implementasi Manajemen Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd Negeri 2 Trimulyo Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. 1–9.
Pamela, I. S., Chan, F., Yantoro, Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23–30
Salsabila, N. F. (2021). Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Di Sd Negeri 1 Bungkanel Kabupaten Purbalingga. Tersedia di https://Medium.Com/.