Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan penggunakan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab Madrasah lbtidaiyah Taman Islam Cibungbulang Bogor dengan jumlah responden 35 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Menggunakan siklus sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Sedangkan pegumpulan data menggunakan Teknik observasi, tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila hasil belajar peserta didik mencapai dengan nilai KKM 70. Pembelajaran bahasa Arab melalui media audio visual mengalami peningkatan hasil belajar. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar peserta didik pada nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik pada soal pre test adalah 45,71. Kemudian setelah melakukan siklus I mendapat nilai rata-rata 53,14 (post test 1). Pada siklus II adalah 71,42 (post tes II). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan pembelajaran bahasa Arab melalui media audio visul dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV Ml Taman Islam Cibungbulang Bogor Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata Kunci:
Media Audio Visual, Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab
Audio Visual Media, the Result of Arabic Subjects.