UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU HURUF DI MADRASAH IBTIDAIYAH CIBUNGBULANG KABUPATEN BOGOR
Isi Artikel Utama
Ilfa Qurotaa’eni
tita hasanah
Acep Nugraha
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca anak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Muttaqin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 23 siswa kelas dua di MI Darul Muttaqin Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dilakukan secara deskriptif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu minimal 75% dari jumlah total siswa kelas dua. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan media kartu huruf. Pada pelaksanaan pra siklus diperoleh skor 45,76%, pada siklus 1 skor meningkat menjadi 52,72%, dan pada siklus 2 meningkat lebih baik dengan persentase 79,13%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas dua mengalami peningkatan setelah dilakukan dua siklus tindakan dengan media kartu huruf yang teramati pada aspek bahasa, pengetahuan, kesadaran berbahasa, dan keterampilan kognitif.
Aqib, Z. dan M. C. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (2nd ed.). Juli 2021.
Chandra, C., Mayarnimar, M., & Habibi, M. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 72–80. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100050
Dalman. (2021). Keterampilan Membaca (P. Rajawali (ed.); 1st ed.). April 2021.
Fahrummi, C. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Membaca Dan Menulis Siswa. 2008, 535–547. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/viewFile/3084/2901
Farida, R. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar Edisi 2.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34. In Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 2).
Putra, O. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Dasar Membaca Siswa Kelas I Di SDIT Al-Qiswah. 95. http://repository.iainbengkulu.ac.id/7209/
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Ramdhani, T. A., Kosmajadi, E., & Susilo, V. S. (2021). Peran Media Big Book Dalam Mengatasi. Prosiding Seminar …, 77–82. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/565
Silvi Juliani. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B di TK Islam An-Nahl Tangerang.
Tera, K. M., Sdn, D. I., & Selatan, B. (2022). Strategi Guru Kelas Rendah Dalam Menghadapi Siswa Yang Mengalami Keterlambatan Membaca.
Utami, M. W. (2016). Model ICM Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas VB SDN Demakijo 1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 807.