Learning Organization; Upaya Membangun Kapasitas Kepemimpinan Guru
Isi Artikel Utama
Ima Rahmawati
Kepemimpinan guru dan pengembangan guru merupakan kunci untuk membangun kapasitas untuk perbaikan sekolah yang berkelanjutan. Bukti menunjukkan pentingnya guru bekerja sama dan belajar bersama dalam menghasilkan kapasitas untuk perubahan. Membangun kapasitas kepemimpinan membutuhkan konstruktivis pendekatan pembelajaran dimana guru belajar bersama dan membangun makna dari interaksi, diskusi dan dialog professional. Lahirnya para pemimpin pada setiap level kepemimpinan di sekolah melalui pembangunan/pengembangan kapasitas kepemimpinan guru merupakan ciri kepemimpinan yang efektif yang pada akhirnya melahirkan sekolah yang maju dan unggul. Sekolah merupakan organisasi. Sebagai organisasi, sekolah berupaya memperbaiki produk, pelayanan, dan inovasinya melalui "continues improvement" dan "breakthrough strategies". Cara ini menghasilkan konsep yang dikenal dengan nama Total Quality Management (TOM) dan Business Process Reengineering. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampelnya adalah di SMKN 8 Kata Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMKN 8 Kota Bandung telah melaksanakan pembangunan kapasitas kepemimpinan guru dengan tingkat keterlaksanaan sebesar 36%. Dan tingkat keberhasilan implementasi learning organization sebesar 24,41%.