Kontribusi Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Layanan Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Ciampea
Isi Artikel Utama
Ima Rahmawati
Titan Rifki Baharudin
Hadi Dafenta S
Mutu layanan pembelajaran disintesiskan sebagai suatu kegiatan pencapaian standar harapan pelanggan dalam meningkatkan layanan akademik maupun non akademik yang menciptakan nilai dan memberikan manfaat secara sistematis dan memiliki pelayanan baik untuk terus meningkatkan kualitas dan kebutuhan yang menciptakan kepuasan dalam pemanfaatan segala potensi yang melekat pada sumber daya yang dimiliki secara optimal serta menuntut organisasi menjadi lebih baik, lebih kompetitif dalam mencapai tujuan organisasi dan mampu bersaing terhadap perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan 1) sarana prasarana yang terdapat di SMA Negeri 1 Ciampea Bogor. 2) mutu layanan pembelajaran yang terdapat di SMA Negeri 1 Ciampea Bogor. 3) kontribusi manajemen sarana prasarana dengan mutu layanan pembelajaran di SMA Negeri 1 Ciampea Bogor. Penelitian ini melibatkan 40 guru di SMA Negeri 1 Ciampea Bogor, sampel diperoleh dengan teknik non-probability sampling dengan sampel jenuh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dengan skala likert dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana bahwa manajemen sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu layanan pembelajaran. Hal ini menunjukan semakin kuat kontribusi manajemen sarana prasarana maka mutu layanan pembelajaran yang dihasilkan oleh guru akan semakin tinggi. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan mutu layanan pembelajaran pada guru diharapkan lebih memperhatikan manajemen sarana prasarana di lembaga sekolah tersebut.
Bancin, A., & Lubis, W. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan (Studi Kasus SMA Negeri 2 Lupuk Pakam). EducanduM, 10, 62--69.
Baharun, H., Tohet, M., Juhji, J., Munjiat, S. M., Wibowo, A., & Zainab, S. (2021). Modernisasi Pendidikan Di Pondok Pesantren: Studi Tentang Pemanfaatan Sistem Aplikasi Pedatren dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pondok Pesantren. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v6i1.7692
Harianja, J. K., Subakti, H., Avicenna, A., Rambe, S. A., Muhammad, H., Ramadhani, Y. R., Sartika, S. H., Nirbita, B. N., Chamidah, D., Rahmawati, I., Lestari, H., & Panjaitan, M. M. J. (2022). Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif.
Husain, R. (2022). Mutu Layanan Tutor Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Revolusi Industri 4.0 Di SKB Kabupaten Bone Bolango Ditinjau Dari Kreativitas Tutor Dan Motivasi Berprestasi Warga Belajar Paket B. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 213. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.213-226.2022
Hutauruk, A., Subakti, H., Simarmata, D., Lestari, H., Al Haddar, G., Da’i, M., Purba, S., Khalik, M., & Cahyaningrum, V. (2022). Media Pembelajaran dan TIK. In Jakarta : Yayasan Kita Menulis (Vol. 5, Issue 3).
Khofifah, R., Rahmawati, I., Lestari, H., & Trimulyo, J. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Mengajar Guru PNS di SMPN Se-Kecamatan Pamijahan. Indonesian Journal of Science, 1(1), 18–26.
Lestari, H., Banila, L., & Siskandar, R. (2019). Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Stem Improving Student ’ S Science Literacy Competencies Based on Learning Independence With Stem Learning. Biodidaktika, 14(2), 18–23.
Lestari, H., & Rahmawati, I. (2020a). Integrated STEM through Project Based Learning and Guided Inquiry on Scientific Literacy Abilities in Terms of Self-Efficacy Levels. Al Ibtida, 7(1), 19–32.
Lestari, H., & Rahmawati, I. (2020b). Pemahaman Nos Peserta Didik Sekolah Dasar Hana. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 18–26. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.598
Lestari, H., & Siskandar, R. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan, 4(2), 597–604. https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/769
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Lestari, & Siskandar, R. (2021). Cultivating Green Behavior of Eco Literation-Based Elementary School Students during the COVID-19 Pandemic. Journal of Research in Science Education, 7(1), 49–53. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.477 Introduction
Nugroho, A., Kuswandi, S., Purba, S., Aswan, N., Ermawati, E., Yuniwati, I., Kato, I., Yustita, A., Rahmawati, I., Lestari, H., Hardiyanti, S., Suesilowati, & Subakti, H. (2022). Manajemen Mutu Terpadu Untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Manajemen Sarana Prasarana Pembelajaran Dan Iklim Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Edum Journal, 2(2), 97–107. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v2i2.46
Rahmawati, I., Lestari, H., & Nurhikmah, H. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kreatifitas Kerja Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Cibungbulang. Education Management Reviews Anda Research, 1(2), 60–67. https://doi.org/10.56406/jpe.v1i2.6
Rahmawati, I., Lestari, H., Permana, J., Komariah, A., & Kurniatun, T. (2022). Innovative Work Behavior Development Through Technopreneurship Leadership in Vocational Schools : An Mixed Method. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 943–959. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202242
Sali, N., Avicenna, A., Susilowati, E., Ernawati, E. A., Panjaitan, M. M., Yustita, A., Susanti, S. saodah, Saputro, A. N., Muslimin, T., Saputro, D., & Lestari, H. (2022). Dasar-Dasar Pendidikan Karakter.
Soesana, A., Subakti, H., Karwanto, A., Kuswandi, F. S., Lena Sastri, I. F., Aswan, N., Hasibuan, F. A., & Lestari, H. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Suhardan, D. (2007). Efektivitas Pengawasan Profesional dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Era Otonomi Daerah. I(I), 57–65.
Wandira, P. N., Lestari, H., & Mukri, R. (2023). Efektivitas Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor. Primer Edukasi Journal, 2(1). https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/134.