ANALISIS DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF GURU MA DI KECAMATAN TENJOLAYA BOGOR
Isi Artikel Utama
Hana Lestari
Siti Indah Cahyaningrum
Ima Rahmawati
Joko Trimulyo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dukungan organisasi terhadap perilaku kerja inovatif guru MA di Kecamatan Tenjolaya Bogor. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan metode survei. Subjek penelitian sebanyak 38 responden yang diambil dengan teknik non probability sampling yakni sampling jenuh, di mana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner tertutup yaitu kuesioner telah berisi jawaban-jawaban yang ditentukan oleh peneliti, sehingga responden hanya dapat memilih satu jawaban yang sekiranya sesuai dengan dirinya. Kuesioner pada penelitian ini berisi berbagai pernyataan baik positif maupun negatif, dengan skala pengukuran yang digunakan pada kuesioner adalah skala likert dengan lima alternatif jawaban, di mana kuesioner untuk variabel perilaku kerja inovatif berisi 40 butir dan untuk variabel dukungan organisasi berisi 42 butir yang diuji validitas menggunakan uji pearson product moment dan diuji reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha, sehingga didapatkan butir pernyataan yang valid dan reliabel untuk variabel perilaku kerja inovatif yaitu 27 butir dan variabel dukungan organisasi yaitu 28 butir. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik inferensial dengan uji regresi sederhana dibantu dengan SPSS versi 26, untuk mengetahui pengaruh antara variabel dukungan organisasi (X) terhadap perilaku kerja inovaif (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara dukungan organisasi terhadap perilaku kerja inovatif guru dengan memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Selain itu, diperoleh nilai R Square = 0,245 atau sama dengan 24,5%. Maka dapat diartikan bahwa variabel dukungan organisasi (X) berpengaruh terhadap perilaku kerja inovatif (Y) sebesar 24,5%. Oleh Karena itu, agar dapat meningkatkan perilaku kerja inovatif guru diharapkan setiap sekolah dapat meningkatkan pemberian dukungan organisasi untuk guru.
Abidin, Z., Riyad, M., & Panca, B. (2022). Pelatihan Pembelajaran di Era Vuca pada Guru SMP dan SMK Insan Nur Muhammad Desa Tapos 1 Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor. Religion Education Social Laa Rioba Journal, 4(3), 611–615.
Agusta, A. R., Salwa, H., Simaremare, J. A., Wahab, A., Tobing, M. T., Owon, R. A. S., Dahniar, N., Firmansyah, W., Kusnadi, E., & Awaludin, A. A. R. (2021). Inovasi Pendidikan. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Ajiardani, L. B., & Anjaningrum, W. D. (2022). Bagaimana Keterlibatan Kerja, Perilaku Kerja Inovasi, Dan Lingkungan Kerja Fisik Menjelaskan Kinerja Karyawan Vosco Group? Jurnal Ecogen, 5(3), 328–339.
Ayuni, E., & Etikariena, A. (2020). Peran Mediasi Keterlekatan Kerja pada Hubungan antara Persepsi Dukungan Organisasi dengan Perilaku Kerja Inovatif. Jurnal Psikogenesis, 8(1), 30–44.
Etikariena, A. (2020). Peran Gaya Kepemimpinan Pada Perilaku Kerja Inovatif Karyawan Pada Organisasi Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Ecopsy, 7(1), 48–63.
Fradipta, D., & Mulyana, O. P. (2021). Hubungan Persepsi Dukungan Organisasi Dengan Kesiapan Untuk Berubah Pada Guru. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 60–70.
Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., James H. Donnelly, J., & Konopaske, R. (2012). Organizations: Behavior, Structure, Processes. Americas: McGraw-Hill.
Hutauruk, A., Subakti, H., Simarmata, D., Lestari, H., Al Haddar, G., Da’i, M., Purba, S., Khalik, M., & Cahyaningrum, V. (2022). Media Pembelajaran dan TIK. In Jakarta : Yayasan Kita Menulis (Vol. 5, Issue 3).
Ismiantari, F. D., & Mulyana, O. P. (2021). Perbedaan Perilaku Kerja Inovatif Pada Guru Ditinjau Dari Karateristik Sekolah. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(6), 1–12.
Kurniawan, I. S., & Harsono, M. (2021). Dukungan Organisasi yang Dirasakan: Anteseden, Proses, dan Hasil. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(1), 67–80.
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Lestari, H., & Rahmawati, I. (2020a). Commitment to Teacher’s Work and Authentic Leadership in the Industrial Revolution Era 4.0. In 3rd International Conference on Research of Educational Administration.
Lestari, H., & Rahmawati, I. (2020b). Pengaruh Kompetensi Kepribadian terhadap Kualitas Kehidupan Kerja Guru di SMA Man Ana Pamijahan Bogor. In Jurnal Sains Indonesia (Vol. 1, Issue 1, pp. 26–37).
Maghfiroh, A. T. Al, & Mulyana, O. P. (2023). Hubungan Persepsi Dukungan Organisasi dan Keterikatan Kerja pada Guru. Jurnal Penelitian Psikologi, 10(01), 593–606.
Mulyadi. (2011). Kewirausahaan: Bertindak Kreatif dan Inovatif. Palembang : Rafah Press.
Nugroho, A., Kuswandi, S., Purba, S., Aswan, N., Ermawati, E., Yuniwati, I., Kato, I., Yustita, A., Rahmawati, I., Lestari, H., Hardiyanti, S., Suesilowati, & Subakti, H. (2022). Manajemen Mutu Terpadu Untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Nurali. (2021). Peran Kesesuaian Orang-Organisasi dalam Memediasi Pengaruh Spiritualitas Tempat Kerja dan Persepsi Dukungan Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 4(2), 111–124.
Putri, A. T., & Izzati, U. A. (2022). Hubungan Antara Persepsi Dukungan Organisasi Dengan Perilaku Inovatif Pada Guru. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(6), 84–96.
Rahmawati, I., Firdaus, A., Lestari, H., & Ihsan, M. (2023). Pengaruh E-Leadership Kepala Sekolah Terhadap Keinovatifan Guru Di Madrasah Aliyah (MA) Se-Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Religion Education Social Laa Rioba Journal, 5(5), 2778–2784.
Rahmawati, I., Lestari, H., & ... (2024). Empowering Technopreneurial Leadership: Fostering Innovative Behavior among Islamic School Teachers. Al-Tanzim: Jurnal …. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/7292
Rahmawati, I., Lestari, H., & Herlina, B. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kelelahan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Guru Di SMK Swasta Se-Kecamatan Ciampea Bogor Terakreditasi A. In Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 11, Issue 4, pp. 239–254). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=rqlKyHgAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=rqlKyHgAAAAJ:cFHS6HbyZ2Cc
Rahmawati, I., Lestari, H., Permana, J., Komariah, A., & Kurniatun, T. C. (2022). Innovative Work Behavior Development Through Technopreneurship Leadership in Vocational Schools: An Mixed Method Explanatory Research. In Jurnal Pendidikan Progresif (Vol. 12, Issue 2, pp. 943–959). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=rqlKyHgAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=rqlKyHgAAAAJ:hMod-77fHWUC
Rahmawati, I., & Permana, J. (2019). Creating Teacher’s Innovative Work Behavior Through Global Leadership and Knowledge Management. In EARR (Educational Administration Research and Review) (Vol. 3, Issue 1, pp. 54–58).
Ramdayana, I. P., & Prasetyono, H. (2022). Innovative Work Behavior Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 60–69.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior (15th Editi). USA : Pearson.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Perilaku Organisasi (Edisi 16). Jakarta: Salemba Empat.
Rogelberg, S. G. (2007). Encyclopedia Of Industrial And Organizational Psychology. London: Sage Publications.
Simatupang, M. F., & Salendu, A. (2019). Persepsi Dukungan Organisasi Sebagai Mediator Antara Keadilan Organisasi Dan Kepuasan Kerja Karyawan Di PT ABC. Jurnal Diversita, 5(2), 95–104.
Terwal, B., Adolfina, Pandowo, M. H. C., & Tawas, H. N. (2017). Perilaku Organisasi. Bandung : CV. Patra Media Grafindo.
Thibaut, J. W., & Kelley, H. H. (1959). The Social Psychology Of Groups. New York: Wiley.
Widasti, R., & Mursid, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Organisasi Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Pegawai Dengan Work Engagement Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal). Jurnal Magisma, 1(1), 107–123.