HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN TECHNOPRENEURIAL DENGAN TINGKAT ADOPSI TEKNOLOGI
Isi Artikel Utama
Ima Rahmawati
Hana Lestari
Hadi Dafenta
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara gaya kepemimpinan technopreneurial kepala madrasah dengan tingkat adopsi teknologi di MTs Negeri Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, yang melibatkan 68 responden yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan staf pengajar. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur dua variabel utama, yaitu gaya kepemimpinan technopreneurial dan tingkat adopsi teknologi, serta dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,805 (p < 0,01). Selain itu, tingkat adopsi teknologi di MTs Negeri Kota Bogor tercatat sebesar 79%, yang menunjukkan bahwa adopsi teknologi dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala madrasah dalam mengelola inovasi teknologi. Meskipun tingkat adopsi teknologi tergolong baik, penelitian ini juga menemukan tantangan terkait fasilitas dan pelatihan teknologi yang memadai. Oleh karena itu, disarankan untuk memberikan perhatian lebih terhadap penyediaan fasilitas teknologi yang memadai serta pelatihan yang berkelanjutan guna mendukung peningkatan adopsi teknologi di lingkungan madrasah.
Avolio, B. J. (2004). Examining the full range model of leadership: Looking back to transform forward. In Leader development for transforming organizations (pp. 71-98). Psychology Press.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Ghavifekr, S., & Rosdy, W. A. W. (2015). Teaching and Learning with Technology: Effectiveness of ICT Integration in Schools. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 1(2), 175-191.
Muslem, M., & Nazarullah, N. (2022). Kepemimpinan Dalam Teknologi Pembelajaran. Kalam Jurnal Agama dan Sosial Humaniora, 10(1), 44-56.
Omar, S. S., & Ismail, A. (2020). Technological Leadership in Malaysian Schools: The Way Forward for Sustainable Development in Education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(2), 1-10.
Purba, S., Awal, R., Simarmata, N. I. P., Sihotang, D. O., Tasrim, I. W., Rahmawati, I., ... & Simarmata, J. (2024). Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Rahmawati, I., Lestari, H., Permana, J., Komariah, A., & Kurniatun, T. C. (2022). Innovative Work Behavior Development Through Technopreneurship Leadership in Vocational Schools: An Mixed Method Explanatory Research. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 943-959.
Rahmawati, I., Lestari, H., & Sa’diyah, Z. (2024). Empowering Technopreneurial Leadership: Fostering Innovative Behavior among Islamic School Teachers. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 146-158.
Wahyuni, S. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Adopsi Teknologi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25(1), 21-30.