Kepemimpinan Guru Sebagai Role Model Di Sekolah
Isi Artikel Utama
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kepemimpinan guru dengan pendekatan studi literature. Hakikat kepemimpinan di kelas adalah kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran di kelas. Guru juga dapat menjadi seorang pemimpin pada saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Tujuannya diharapkan guru dapat memimpin siswa sesuai dengan fungsi kepemimpinan yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Seorang guru juga harus memahami model-model kepemimpinan yang baik, hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang baik sal ah satunya ditentukan oleh gaya kepemimpinan yang identik dengan model kepemimpinan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Pada proses pembelajaran di kelas tingkat sekolah dasar sangat berbeda dengan tingkat menengah, terutama dalam hal menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Otomatis gaya kepemimpinan guru juga harus disesuaikan dengan keadaan siswa di tingkat sekolah dasar.
Kata Kunci : Kepemimpinan guru, peran guru, model kepemimpinan
Daryanto. (1977). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Apollo.
Fahrurrobi, N., Ihsan, M., Rahmawati, I., & Lestari, H. (2020). Pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap perilaku kerja inovatif guru di SMA Swasta Se-Kecamatan Pamijahan Bogor. Jurnal Sains Indonesia, 1 (2), 99-105.
Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.
Jennings, Eugene E. (1926). An Anatomy of Leadership: Princes, Heroes, And Supermen. NewYork: Harper Inc.
Khofifah, R. W., Rahmawati, I., & Trimulyo, J. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Mengajar Guru PNS di SMPN Se-Kecamatan Pamijahan. Jurnal Sains Indonesia, 1(3), 139-143.
Lestari, H., Hamidah, H., & Rahmawati, I. (2022). Gaya Kepemimpinan Kewirausahaan Kepala Sekolah terhadap Mutu Lulusan. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4 (3), 413-421.
Lestari, H., & Rahmawati, I. (2020). Commitment to Teacher’s Work and Authentic Leadership in the Industrial Revolution Era 4.0. 400(Icream 2019), 76–79. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.143
Lestari, H., & Siskandar, R. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan, 4(2), 597–604. https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/769
Nurlaela, R., Rahmawati, I., & Lestari, H. (2021). Kontribusi Perilaku Kepemimpinan terhadap Loyalitas Kerja Guru SMA Swasta Se-Kecamatan Cibungbulang. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 18-26.
Pratiwi, S., & Rahmawati, I. (2022). Gaya Kepemimpinan Paternalistik Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Kajian Islam Modern, 8(1), 47-57.
Rahmawati, I., Lestari, H., Permana, J., Komariah, A., & Kurniatun, TC. (2022). Pengembangan Perilaku Kerja Inovatif Melalui Kepemimpinan Technopreneurship Di SMK: Sebuah Mixed Method Explanatory Research. Jurnal Pendidikan Progresif , 12 (2), 943-959.
Rivai, Veithzal & Sylviana Murni. (2012. Education Management Analisis Teori dan Praktik, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rivai, Veithzal, 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: Rajawali Press.
Supardi. (2014). Kinerja guru. Cet. II. Jakarta: Rajawali Pers.