Sahadah, M. ., Trimulyo, J., & Ihsan, M. (2023). PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PENGUATAN KEPUASAN KERJA DAN KERJA TIM MENGGUNAKAN ANALISIS PATH PADA GURU DI YAYASAN HAJI MUHAMMAD AMIN KECAMATAN PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR . JOURNAL EDUCATIONAL MANAGEMENT REVIEWS AND RESEARCH, 2(02), 1–10. https://doi.org/10.56406/emrr.v2i02.499
PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PENGUATAN KEPUASAN KERJA DAN KERJA TIM MENGGUNAKAN ANALISIS PATH PADA GURU DI YAYASAN HAJI MUHAMMAD AMIN KECAMATAN PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR
Rincian Artikel
PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PENGUATAN KEPUASAN KERJA DAN KERJA TIM MENGGUNAKAN ANALISIS PATH PADA GURU DI YAYASAN HAJI MUHAMMAD AMIN KECAMATAN PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR
Isi Artikel Utama
Kinerja guru adalah hasil kerja yang diperoleh oleh seorang guru yang memberikan kontribusi pada suatu lembaga tempat ia bekerja untuk mencapai tujuan visi dan misi sekolah. Dimana penulis mengambil metode survei dengan pendekatan kausal, yang mana survei dengan pendekatan kausal ini merupakan sebuah metode untuk mengukur sejauh mana dan seberapa besar ketiga variabel yang dipilih oleh penulis, memiliki hubungan sebab akibat dari sebuah fenomena. Ketika sudah memperoleh hasil dari survei pendekatan kausal, maka hasil tersebut akan dianalisis lebih lanjut menggunakan analisis path. Populasi yang dipilih oleh penulis adalah guru di Yayasan Haji Muhammad Amin sebanyak 98 orang dan sampelnya 79 orang dengan teknik acak sederhana (simple random sampling). Setelah dilakukannya uji analisis path dalam aplikasi SPSS versi 20 dan menghasilkan sebuah output. Pengujian analisis path dapat dilihat dari tabel Coefficients diketahui nilai β = 0.537 dan 0.211 dan nilai thitung = 5.079 dan 1.997 > ttabel 1.66462 pada tingkat relevansi α = 0.05. Oleh karena itu, H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dinyatakan kepuasan kerja dan kerja tim berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru.