PERILAKU SUPERVISI PENDIDIKAN
Isi Artikel Utama
Hayatun Nufus
Ima Rahmawati
Muzhir ihsan
Artikel ini membahas tentang perilaku supervisi pendidikan yang dilakukan oleh supervisor pendidikan seperti kepala sekolah, administrator, atau pembimbing. Supervisi pendidikan memiliki peran penting dalam memastikan kualitas pendidikan yang optimal. Sikap dan perilaku supervisor memengaruhi efektivitas supervisi pendidikan serta pengembangan profesional guru. Penelitian ini mengidentifikasi sifat-sifat utama yang harus dimiliki oleh supervisor pendidikan, termasuk sikap korektif, preventif, konstruktif, kreatif, dan kooperatif. Selain itu, makalah ini juga mengulas jenis-jenis perilaku dalam supervisi pendidikan, yaitu perilaku direktif, kolaboratif, dan non-direktif. Pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang sikap dan perilaku supervisor diharapkan dapat membantu dalam mengidentifikasi praktik terbaik, mengatasi kendala, dan menemukan peluang untuk meningkatkan efektivitas supervisi pendidikan, serta memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung perkembangan profesional.