Bela Amalia Suhendar
Tita Hasanah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran pada materi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan karakter peserta didik dikelas V SDN Gunung Picung 05 Pamijahan Bogor. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan kepala sekolah. Hasil penelitian memaparkan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah strategi kooperatif, Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB), dan strategi pembelajaran ekspositori. Selain itu diperoleh faktor pendukung terlaksananya strategi tersebut yaitu dukungan dari pihak orang tua, guru, kepala sekolah serta motivasi yang berasal dari dalam diri siswa. sedangkan faktor penghambatnya adalah hal-hal yang bersifat teknis dari pelaksanaan strategi-strategi tersebut.
Hak Cipta (c) 2025 Bela Amalia Suhendar, Tita Hasanah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.