EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE AT-TAHQIQ TERHADAP KEMAMPUAN PELAFALAN MAKHARIJ AL-HURUF PESERTA DIDIK KELAS I MIN KABUPATEN GOWA
Isi Artikel Utama
Nurwahidah Aris
Hamka
Munirah
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis bentuk penerapan metode at-Tahqiq di kelas I MIN Kabupaten Gowa, 2) Menganalisis kemampuan peserta didik dalam melafalkan makharij al-huruf hijaiyah setelah penerapan metode at-Tahqiq, 3) Menganalisis apakah metode at-Tahqiq efektif terhadap kemampuan pelafalan makharij al-huruf Hijaiyah di kelas I MIN Kabupaten Gowa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara . Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Bentuk penerapan metode at- Tahqiq di kelas I MIN Kabupaten Gowa dalam pembelajaran pelafalan huruf hijaiyah yaitu dengan memberikan contoh cara penyebutan atau pelafalan huruf hijaiyah yang baik dan benar, kemudian peserta didik diberikan kesempatan untuk menirukan atau melafalkan kembali sesuai dengan contoh secara perlahan berulang-ulang, 2) Peserta didik sudah menunjukkan kemajuan yang sangat baik ditandai dengan peserta didik sudah mampu melafalkan huruf hijaiyah sesuai dengan tempat keluarnya huruf, 3) Penggunaan metode at-Tahqiq dinilai efektif terhadap pembelajaran pelafalan makharijul huruf hijaiyah pada peserta didik kelas I di MIN Kabupaten Gowa karena dalam penerapan metode at-Tahqiq peserta didik sudah mampu melafalkan huruf hijaiyah dengan baik dan benar.