Penggunaan Media Video Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng Kabupaten Gowa
Isi Artikel Utama
M. Rasyid
Wahyuddin Naro
rosdiana Naro
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengemukakan bagaimana penggunaan media video pembelajaran akidah ahlak di kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng Kabupaten Gowa. (2) Mengetahui bagaimana pembelajaran akidah akhlak di kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng Kabupaten Gowa. (3) Mengetahui apakah penggunaan media video pada pembelajaran akidah akhlak dapat membentuk karakter peserta didik kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran akidah akhlak di kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng, dibagi ke dalam dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Pembelajaran akidah akhlak di kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng dalam menyajikan pembelajaran tetap berpatokan pada silabus dan RPP. Penggunaan media video pembelajaran akidah akhlak dapat membentuk karakter peserta didik di kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng, terlihat jelas perubahan karakter peserta didik yang positif setelah menggunakan media video pembelajaran, peserta didik yang malas atau sering terlambat, menjadi rajin dan tidak pernah terlambat lagi dikarenakan proses penyajiannya yang mudah dan menyenangkan membuat peserta didik tertarik dan bersemangat dalam proses pembelajaran.