HUBUNGAN SUPERVISI KLINIS DENGAN MOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BOGOR
Isi Artikel Utama
Ima Rahmawati
Hana Lestari
Bintang Caraka Soeganda
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara supervisi klinis dengan motivasi kerja guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Bogor. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei korelasional dan analisis data melalui Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS). Sampel penelitian terdiri dari 92 guru tetap yang dipilih secara purposive. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan indikator supervisi klinis mencakup perencanaan, observasi, dan umpan balik, sedangkan indikator motivasi kerja terdiri atas motivasi intrinsik, ekstrinsik, dan tujuan profesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi klinis berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan nilai koefisien jalur β = 0.676 dan R² = 0.457. Supervisi klinis yang dilakukan dengan pendekatan kolaboratif dan reflektif mampu meningkatkan rasa tanggung jawab profesional, keterlibatan emosional, dan semangat kerja guru. Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas supervisi berbasis klinis merupakan strategi yang efektif untuk mendorong motivasi guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap upaya penguatan manajemen pendidikan berbasis pembinaan profesional yang konstruktif dan berkelanjutan.
Ahmad, M., & Haris, H. (2021). Strategi penguatan motivasi kerja guru melalui pendekatan humanistik. Jurnal Pendidikan Humaniora, 9(1), 11–22. https://doi.org/10.24114/jph.v9i1.28467
Arifin, Z. (2019). Supervisi edukatif sebagai instrumen peningkatan profesionalisme guru. Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 45–58. https://doi.org/10.21093/di.v5i1.1665
Chin, W. W. (2010). How to write up and report PLS analyses. In Handbook of partial least squares (pp. 655–690). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-540-32827-8_29
Febriani, D. (2023). Faktor-faktor yang memengaruhi motivasi kerja guru madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 54–68. https://doi.org/10.19105/jpai.v15i1.7890
Fitriani, N. S. F., Rahmawati, I. ., Lestari, H., & Trimulyo, J. (2024). Disiplin Kerja Terhadap Kompetensi Profesional Guru Di SMA Se-Kecamatan Nanggung Bogor. Jurnal Kajian Islam Modern, 11(01), 9–16. https://doi.org/10.56406/jkim.v11i01.400
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2018). Supervision and instructional leadership: A developmental approach (10th ed.). Pearson Education.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2019). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781071801126
Hakim, A. (2020). Kualitas supervisi sebagai faktor penentu efektivitas mengajar guru. Jurnal Pendidikan, 18(2), 101–110. https://doi.org/10.23887/jp.v18i2.32994
Handayani, L., & Hidayat, D. (2019). Pengaruh supervisi klinis terhadap kinerja guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.15632
Hasanah, U. (2022). Praktik supervisi di madrasah dan tantangannya. Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 156–169. https://doi.org/10.21070/jki.v8i2.1947
Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8
Iskandar, R., Yusnadi, Y., & Ginting, A. (2022). Supervisi akademik dan motivasi kerja guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 10(2), 295–310. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v10i2.775
Kurniawati, E. (2019). Pengaruh supervisi terhadap motivasi dan prestasi kerja guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 36(1), 55–64. https://doi.org/10.21831/jpp.v36i1.23897
Lestari, R. (2021). Korelasi antara gaya supervisi dan semangat kerja guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 134–145. https://doi.org/10.17977/um048v23i22021p134
Linda Urfatullaila, Ima Rahmawati, & Zulfikar Ismail. (2022). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V di MI Al Azkia Tenjolaya Bogor. Primer Edukasi Journal, 1(1), 43–51. https://doi.org/10.56406/jpe.v1i1.9
Munandar, A. (2020). Supervisi pendidikan dan relevansinya dalam peningkatan mutu. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 77–89. https://doi.org/10.17509/jpd.v9i2.23345
Nasution, A., & Siregar, S. (2021). Supervisi klinis sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 9(3), 177–188. https://doi.org/10.33369/jk.v9i3.15932
Nasution, A., & Siregar, S. (2021). Supervisi klinis sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 9(3), 177–188. https://doi.org/10.33369/jk.v9i3.15932
Pramono, R. (2021). Peran kepala madrasah dalam penguatan motivasi guru. Jurnal Pendidikan Madrasah, 6(1), 89–101. https://doi.org/10.21093/jpm.v6i1.2254
Putra, E. D., & Sari, Y. (2021). Tingkat motivasi kerja guru dan faktor yang memengaruhinya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 28(2), 112–123. https://doi.org/10.23887/jpp.v28i2.36640
Rahmawati, N. (2023). Motivasi kerja guru: Faktor pendorong dan penghambat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 67–78. https://doi.org/10.21009/JMP.111.05
Rahmawati, I. (2024). Supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru di SMAN 1 cibungbulang. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(2), 797-804. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i2.4978
Rohim, A., & Fitriyah, L. (2020). Dinamika supervisi pembelajaran di madrasah aliyah. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 123–135. https://doi.org/10.14421/jpi.2020.92.123-135
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860
Saputri, L., & Prasetyo, T. (2022). Supervisi berbasis refleksi dalam pembinaan guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(3), 234–245. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i3.542
Suharti, S., Damayanti, R., & Lubis, F. (2020). Tantangan motivasi kerja guru di masa perubahan kurikulum. Jurnal Pendidikan, 21(3), 87–95. https://doi.org/10.24036/jp.v21i3.115890
Sulastri, D., & Rahmat, R. (2020). Supervisi klinis dan efektivitas pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 101–115. https://doi.org/10.24252/jmpi.v4i2.17468
Wulandari, S. (2022). Analisis motivasi guru dan implikasinya terhadap kinerja mengajar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 14(2), 211–220. https://doi.org/10.21831/jep.v14i2.45090
Yanti, N., & Siregar, R. (2021). Implikasi supervisi kepala sekolah terhadap motivasi guru. Jurnal Administrasi dan Supervisi Pendidikan, 7(1), 32–45. https://doi.org/10.22236/jasp.v7i1.17543














