MODEL PEMBELAJARAN MAGANG BAGI JURNALISTIK FOTO OLAHRAGA DI MEDIA ONLINE
Isi Artikel Utama
Ali Kusumadinata
Erna Ernawati
Astrid Sri Wahyuni Sumah
Muhammad Daffa Fahdrizq Islam Arrafi
Model pembelajaran Magang merupakan bagian dari salah satu teknik pembelajaran yang menyajikan pengalaman kepada peserta didik secara personal atau perkolompok yang di dampingi oleh tutor atau pelatih. Kegiatan pembelajaran yang berbasis magang memberikan dampak yang baik dan berkontribusi dalam mengembangkan keilmuan baru dan memperdalam kepakaran pserta didik. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk melihat model pembelajaran magang dalam mendidik keprofesionalan mahasiswa ataupun peserta didik dibidang kewartawanan utamanya di bidang fotografi. Metode dilakukan dengan deskriptif kualitatif dengan mengembangkan konsep magang yang dilakukan secara input-proses-output. Teknik projek base learning yang digunakan dalam pendekatan partisipatif dalam bekerja. Peserta yang diawasi dalam hal ini 3 mahasiswa dengan magang di pemberitaan online Bola.com Hasil yang diperoleh adalah kegiatan ke median dilakukan hampir 24 jam dalam menangkap berita dan menyiarkan dengan kemasan yang menarik baik itu bahasa ataupun gambar. Kemasan berita disesuaikan dengan issu redaksi yang dikonsepkan dalams satu fenomena kajadian. Aktivitas sehari-hari dalam kantor media adalah menulis berita, feature dan artikel opini dalam bentuk media cetak, media elektronik maupun media online. Jurnalistik terkait erat dengan kewartawanan dan media massa atau komunikasi media, pers dan penyiaran (radio dan televisi). Kegiatan dalam kegiatan magang yang dilakukan adalah menggali dan membagi informasi olahraga yang di berikan melalui sebuah foto berserta caption yang merupakan hasil dari seorang jurnalistik foto olahraga. Sebuah foto beserta caption yang informatif menjadi hal yang sangat lumrah bagi kehidupan. Foto atau sebuah gambar yang menyampaikan informasi tertentu agar lebih menarik dan mendekatkan dengan kondisi yang sebenarnya.
Ambarsari, T. (2016). Pola kerja magang pada industri kreatif alat permainan edukatif (ape)(Studi Deskriptif Kualitatif di Desa Jetiswetan Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten). Tesis. Surakarta: UNS (Universitas Sebelas Maret).
Ardiastuti, D. (2008). Jurnalistik di Majalah olga. Laporan Akhir, Diploma Penyiaran Komununikasi Terapan, FISIP. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Arrafi, M. (2019). Jurnalistik Foto Olahraga di Media Online Bola.com. Laporan KKL, Sains Komunikasi FISIP. . Bogor: Unida, Bogor .
Baksin, A. (2016). Jurnalistik Televisi Teori dan Praktik. Bandung (ID) : Simbiosa Rekamata Media.
Creswell, J. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. . Thousand oaks, CA: Sage Publication.
Febrianti, E. (. (2023). Aktivitas Fotografer pada Media Online Redaksibukabaca. id . Makassar (ID): (Doctoral dissertation, Universitas Fajar).
Irwandy, D., Septiana, R., & Artini. (2020). Mengukur Kualitas Jurnalistik Pewarta Muda Lulusan Uji Kompetensi Wartawan di Jakarta. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Vol 3, No 02; 123-134.
Kovach, B., & Rosenstiel, T. (2001). Elemen-elemen Jurnalisme. (Terjemahan). Jakarta: Institut Arus.
McQuail, D. (2005). Media Performance, Mass Communication and Public Interest. London: Sage Publication .
Nangkih, O. K. (2016). Penerapan Kode Etik Jurnalistik Pada Berita Kriminal oleh Surat Kabar Samarinda Pos Periode November 2014 sampai Februari 2015. . eJournal Ilmu Komunikasi, 4(1), 306-318.
Perry, D. (2007). Theory and Research in Mass Communication Context Consequences. London:: Lawrenca Associate Publishers.
Rosadi, A., Suwartane, I., Budilaksono, B., Nurzaman, F., Dewi, E., & Febrianty. (2023). Penerapan Model Kegiatan Pembelajaran Magang Mbkm Pada Program Matching Fund Kedaireka. Jurnal Edukasi dan Multimedia Vol 1 No 1, 44-52.
Rusadi, U. (2012). Kompetensi jurnalis sebagai aktor dalam produksi berita media multiplatform. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 16(2), 111-122.
Safitri, S., Kusumadinata, A., & Purnomo, A. (2024). Komunikasi Korporasi dalam Menjalin Hubungan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Didik. JURNAL KOMUNIKATIO , 10 (1), 30–44. https://doi.org/10.30997/jk.v10i1.11582.
Weaver, D., & Lars, W. (2012). The Global Journalist in the 21 Century. . New York: : Routledge.