Indonesia merupakan negara pengguna aplikasi TikTok kedua di dunia. Kepopuleran TikTok di Indonesia menjadi urgensi dalam berdakwah melalui media sosial. Kepopuleran aplikasi ini harus menjadi kesempatan dan peluang bagi seorang muslim untuk menyampaikan pesan dakwah kepada para penggunanya. Seorang muslim harus mampu menjawab tantangan dakwah di era digital dengan berinovasi dan kreatif dalam mengemas serta menyampaikan dakwah sehingga pesan dakwah dapat diterima dan efektif dalam merubah perilaku umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aplikasi TikTok berdampak pada pemahaman agama pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi Mahasiswa Institut Agama Islam Sahid Bogor yang menggunakan platform media sosial TikTok, Sample penelitian yang digunakan sebanyak 39 orang. Kuesioner disebarkan melalui google form, kemudian data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan uji non parametrik Wilcoxon. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan Aplikasi TikTok sebagai media dakwah terhadap wawasan keagamaan pada mahasiswa di Institut Agama Islam Sahid Bogor.
Kata Kunci:
media sosial
tiktok
wawasan keagamaan
social media
tiktok
religious insight