MEMBANGUN KEWIRAUSAHAAN MELALUI DIGITAL MARKETING DALAM DUNIA BISNIS DI DESA BANYU ASIH KABUPATEN BOGOR
Isi Artikel Utama
Alma Amalia Fauziah
Siti Nurlaelatus Syufi
Hapid Fadilah
Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan Masyarakat khususnya generasi muda Desa Banyu Asih dalam mengenal dan membangun kewirausahaan melalui digital marketing dalam dunia bisnis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan studi Pustaka. Sumber literatur yang digunakan adalah sumber sekunder, seperti jurnal, buku cetak dan digital, dan bahan lain yang tetap relevan dengan topik penelitian. Penelitian ini melibatkan siswa SMPI dan SMKI Qoryah Thoyyibah Al-Mugni yang berjumlah 69 siswa. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan studi Pustaka. Antusiasme siswa yang tinggi menunjukkan bahwa materi yang disampaikan relevan dan menarik bagi generasi muda
Aisyah, & Rachmadi. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442-448. doi:ttps://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866
Ballerini, Herhausen, & Ferraris. (2023). How commitment and platform adoption drive the ecommerce performance of SMEs: A mixed-method inquiry into e-commerce affordances. International Journal of Information Management, 72( 102649). doi:https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2023.102649
Etsa. (2020, 12). Kewirausahaan Digital (Digital Entrepreneurship). Retrieved from Binus University: https://binus.ac.id/malang/2020/12
Fawahan, L., & Marianingsih, I. (2022). Konsep Mudharabbah Dalam Mendukung UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(1), 71-80. doi:http://dx.doi.org/10.29300/aij.v8i1.2905
Hamid, R. S., Ariasih, M. P., Suarnaki, N. N., Purwoko, Nurchayati, Tarmizi, A., . . . Vitaloka, D. (2023). Manajemen Pemasaran Modern. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kasih, C. P. (2023, 12 19). Digital Entrepreneurship: Peluang Bagi Generasi Digital Native Mendapat CUAN. Retrieved 09 18, 2024, from KSP CU Pancur Kasih: https://cupk.org/digital-entrepreneurship-peluang-bagi-generasi-digital-native-mendapat-cuan/
Lubis, P. S., & Salsabila, R. (2024). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Di Indonesia. MUQADDIMAH : Jurna Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 2(3), 91-110. doi:https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v2i2.716
Setiawan, K., Rahmawati, L., Nur'aini, S., Adha, .. A., Firmansyah, A. H., Ardini, C. A., & Ariyadi, A. A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 239 - 247. doi: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56878
Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga, C. P., Sukanteri, N. P., Putri, S. E., Kurniawan, A. P., . . . Ulfah, M. (2020). Brand Marketing: The Art of Brandiing. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Suakanto, Fauzi, Andreswari, Hardiyanti, & Nutrisha. (2022). Delopment of e-commerce applications and integration into the marketplace to support MSME product sales. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(3), 519 - 530. doi:https://doi.org/10.26905/abdimas.v7i3.7334.
Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trimuryono, S. (2022). Analisis (Deskrilptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa dengan Model Blended Learning di Masa LPandemi Covid-19. KADIKMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 67-72. doi:httlps://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327