PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Sarah Mawahdah
Tita Hasanah
Wahid Khaliq Hamzah
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Arab, khususnya materi Filmadrosati (di sekolah). Lokasi penelitian dilakukan di SDIT Assaidah dengan subjek 15 siswa kelas lima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wordwall memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Melalui fitur interaktif, seperti kuis dan permainan mencocokkan kata, siswa terlibat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mampu memahami kosakata Bahasa Arab dengan lebih mudah. Selain itu, media ini memungkinkan akses pembelajaran baik secara dare maupun luring. Wordwall juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dengan umpan balik langsung, sehingga membantu siswa meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar mereka. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran, khususnya melalui media Wordwall, efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan menarik.
Baptista, P., Cunha, S., Pereira, J. S. A., Casal, S., Batista, K. (2018). guru dalam perspektif pendidikan islam (telaah pemikiran al-ghazali).
Hasibuan, A. T., Rosdiana Sianipar, M., Ramdhani, A. D., Putri, F. W., & Ritonga, N. Z. (2022). Konsep dan Karakteristik Penelitian Kualitatif serta Perbedaannya dengan Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(Penelitian Kualitatif), 8690. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3730
Istiqamah. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Berdakwah kepada Masyarakat. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/trbkn
Jennah, R. (2009). media pembelajaran.
Liandiani. (2023). Pengambangan Sumber Belajar. Jurnal Sumsel Kemenag, 1–21.
Nadlir, N., Khoiriyatin, V. Z., Fitri, B. A., & Ummah, D. N. (2024). Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 1–15. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i2.2332
Nasution, S. (2009). Metode Research (penelitian ilmiah). 3(1), 33–41.
Piaget, J. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Pramana, C., & Semarang, U. N. (2024). Belajar dan Pembelajaran di Abad 21 (Issue March).
Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Asatiza : Jurnal Pendidikan. 2(1), 64–76.
Radiman. (2016). peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah ekonomi mikro melalui penerapan modelpembelajaran active learning metode peer lessons di program studi manajemen. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 6.
Rany Adriany, W. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall di Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. 1–49. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.8209
Sari, W. F., Sari, Y. P., Hazari, S. A., Keguruan, F., & Palembang, U. S. (2020). Pemanfaatan Wordwall sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SD Negeri 27 Palembang.
Syahyadi, D., Fajariyanto, S. D., & Ash-shiddiqy, A. R. (2024). Journal of Contemporary Issue in Elementary Education ( JCIEE ) Penggunaan Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar : Literatur Review. 2(1), 67–72.
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304
Usman, K. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880
Utami, F., Pradana, A. Y., Sheftyawan, W. B., Supriadi, B., & Fisika, P. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall. 1–56.