IMPELEMENTASI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS 2 DI SDIT ASSA'IDAH KABUPATEN BOGOR
Isi Artikel Utama
Indri Widiyanti
Tita Hasanah
Siti Fatimah
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pembelajaran melalui games bermain kartu bergambar pada pembelajaran fiqih di tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dideskripsikan dalam bentuk kalimat yang memberikan makna dari apa yang diteliti. Subjek penelitian adalah siswa kelas dua di SDIT Assa’idah Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi pembelajaran games bermain kartu bergambar, siswa menjadi lebih mudah memahami materi pembelajaran fiqih tentang shalat fardhu, serta mampu dan aktif mengikuti praktik sholat dengan percaya diri dan benar. Strategi ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam mempelajari materi.
Abdul Majid (2012). Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Harahap, D. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kartu Bergambar Untu Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Penguasaan Kosa Kata Di kelas II di MTS Swasta Al repository.uinsu.ac.id. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16078
Arifin, M. (2001). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Negru, M. (2016). Demonstration and Observation of Teaching Methods Used in Teaching of Romanian Languge and Literature. Jurnal Plus Education. Vol. XVI, No. 2.
Nazar Bakri (1993). Fiqih dan Ushul Fiqih. Jakarta: Rajawali.
Oktafiani, O. (2023). Penggunaan Media Permainan Kartu Bergambar Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri Sigentong 03. JGuruku: Jurnal Penelitian Guru, Vol 1 No 2 (2023).
Rokhima, R., Khotijah, S., & ... (2019). Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Materi Pengenalan Angka dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar. Laplace: Jurnal …. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/194
Saputri, M. E., Dhieni, N., & Faradiba, Y. (2024). Pengembangan Pop-Up Book 3D Five Magic Words untuk Menstimulasi Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.251
Djamaroh, S. B. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Zaenudin. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada Mata pelajaran FiqH melalui penerapan strategi Bingo. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 10, No. 2, Agustus 2015.