PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU MI DALAM ERA DIGITAL
Isi Artikel Utama
hana lestari
Ima Rahmawati
Peningkatan keterampilan mengajar guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ibnu Sina Pamijahan Bogor dalam era digital menjadi sangat penting untuk memastikan kualitas pendidikan yang relevan dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru, merancang, dan melaksanakan program pelatihan yang berfokus pada integrasi teknologi dalam pembelajaran. Metode pelaksanaan terdiri dari enam langkah: analisis kebutuhan, perancangan program, pelaksanaan pelatihan, evaluasi, pembentukan komunitas praktik, serta monitoring dan penilaian. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa mayoritas guru merasa kurang percaya diri dalam menggunakan teknologi, sehingga program pelatihan dirancang untuk meningkatkan keterampilan penggunaan perangkat lunak pendidikan, teknik pengajaran interaktif, dan pengelolaan kelas virtual. Pelaksanaan pelatihan terdiri dari sesi tatap muka dan online, dengan umpan balik positif dari peserta, di mana 85% guru merasa pelatihan tersebut sangat bermanfaat. Evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam penerapan teknologi dalam pengajaran, serta peningkatan motivasi dan keterlibatan siswa. Komunitas praktik yang dibentuk pasca-pelatihan berfungsi sebagai dukungan berkelanjutan, memperkuat kolaborasi antar guru. Monitoring enam bulan setelah pelatihan menunjukkan 75% guru masih aktif menggunakan teknologi, dengan hasil belajar siswa yang meningkat. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan keterampilan mengajar dalam konteks digital tidak hanya bermanfaat bagi guru, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan, yang sangat penting dalam menghadapi tantangan pendidikan di masa depan.
Aliya, S., & Tobari, T. (2019). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada Pt. Semen Baturaja (Persero) Tbk Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 97. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2480
Hanah, E., Ikamayani, Suyatno, & Gestiardi, R. (2023). Diferensiasi Berbasis Digital. K-Media.
Hutauruk, A., Subakti, H., Simarmata, D., Lestari, H., Al Haddar, G., Da’i, M., Purba, S., Khalik, M., & Cahyaningrum, V. (2022). Media Pembelajaran dan TIK. In Jakarta : Yayasan Kita Menulis (Vol. 5, Issue 3).
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., & Wulan, A. R. (2021). Infusion of Environment Dimension of ESD into Science Learning Through the RADEC Learning Model in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 205–212. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.817
Lestari, H., Banila, L., & Siskandar, R. (2019). Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis STEM Improving Student ’ S Science Literacy Competencies Based On Learning Independence With Stem Learning. 14(2), 18–23.
Lestari, H., Setiawan, W., & Siskandar, R. (2020). Science Literacy Ability of Elementary Students Through Nature of Science-based Learning with the Utilization of the Ministry of Education and Culture ’ s " Learning House ". Journal of Research in Science Education, 6(2), 215–220. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.410
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Rahmawati, I., Lestari, H., Permana, J., Komariah, A., & Kurniatun, T. C. (2022). Innovative Work Behavior Development Through Technopreneurship Leadership in Vocational Schools: An Mixed Method Explanatory Research. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 943–959. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202242
Rifa’i, M. (2018). Manajement Peserta Didik. In CV. Widya Puspita (Vol. 53, Issue 9).
Saguni, F. (2019). Penerapan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jurnal Paedagogia, 8(2).
Schmidt, D. A., Thompson, A. D., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2009). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers. CIE 2014 - 44th International Conference on Computers and Industrial Engineering and IMSS 2014 - 9th International Symposium on Intelligent Manufacturing and Service Systems, Joint International Symposium on "The Social Impacts of Developments in Informat, 42(2), 123–149.