STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM PENGUATAN KERJASAMA PENDIDIKAN DI SEKTOR PERKEBUNAN: PENGALAMAN PENGABDIAN DI DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN
Isi Artikel Utama
Hadi Dafenta
Ima Rahmawati
Hana Lestari
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh Institut Agama Islam Sahid Bogor bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan, dengan tujuan untuk memperkuat kerja sama pendidikan di sektor perkebunan melalui penerapan strategi komunikasi hubungan masyarakat yang efektif. Menggunakan pendekatan partisipatif, kegiatan ini melibatkan analisis kebutuhan serta perancangan strategi komunikasi yang didasarkan pada prinsip komunikasi dua arah dan manajemen hubungan yang saling menguntungkan. Hasil menunjukkan adanya kesenjangan komunikasi antara Direktorat Jenderal Perkebunan dan lembaga pendidikan, yang menghambat terbentuknya tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri perkebunan. Penerapan strategi komunikasi yang dialogis dan inklusif terbukti mampu meningkatkan koordinasi serta efektivitas kerja sama antar pemangku kepentingan. Kegiatan ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi hubungan masyarakat memiliki peran krusial dalam membangun sinergi yang berkelanjutan, dan dapat menjadi model pengembangan kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri perkebunan di Indonesia.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). Sage Publications.
Grunig, J. E., & Hunt, T. (2017). Managing Public Relations. Cengage Learning.
Handiman, U. T., Indrajit, I., Rahmawati, I., Estiani, E., Nurdiana, N., Ainun, W. O. N., ... & Purba, B. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perubahan Organisasi. Yayasan Kita Menulis.
Harrison, J., & Tindall, N. (2017). Strategic Public Relations: An Integrated Approach to Communications in the Workplace. Routledge.
Imran, M. (2019). Strategic Public Relations and Industry Collaboration: Enhancing Vocational Education in the Agricultural Sector. Journal of Public Relations Research, 28(4), 315-332.
Lee, M. (2018). The Role of Social Media in Education and Industry Collaboration. Journal of Media & Communication Studies, 10(1), 22-34.
Mardiana, M. (2020). Sustainable Communication Strategies in Industry-Education Collaboration. Journal of Communication Management, 34(2), 145-160.
Pratama, D. (2020). Peningkatan Kualitas SDM di Sektor Perkebunan Melalui Pendidikan Vokasi. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 8(2), 112-120.
Sahir, S. H., Sudarmanto, E., Rahmawati, I., Masduki, D., Clara, C., Dewi, I. K., ... & Kainde, S. (2024). Manajemen Perubahan Organisasi. Yayasan Kita Menulis.
Tan, C. W., & Tan, M. K. (2017). Educational Events and Industry Partnerships: Enhancing Vocational Training in Agricultural Industries. International Journal of Educational Development, 53(2), 75-84.
Toth, E. L. (2015). Public Relations Research: An International Perspective. Routledge.
Widodo, W., et al. (2016). Challenges in Public Sector Collaboration: Financial and Infrastructure Barriers in Education and Industry Partnerships. Public Administration Review, 76(3), 114-126.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). Sage Publications.