IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 CIBUNGBULANG
Isi Artikel Utama
Ima Rahmawati
Siti Nurasiyah
Muzhir Ihsan
Waslim Setiawan
Fitri Lestari
Dampak besar yang ditimbulkan pasca covid 19 melanda salah satunya yaitu berubahanya kebijakan kurikulum pendidikan. Kurikulum pendidikan di Indonesia dirubah menjadi kurikulum merdeka dalam rangka mengejar kehilangan dan ketertinggalan mutu pembelajaran selama covid 19. Implementasi kurikulum merdeka di uji cobakan pada sekolah penggerak. SMA Negeri 1 Cibungbulang merupakan salah satu sekolah penggerak yang menjadi sasaran pelaksanaan kurikulum merdeka. penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaiaman implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Cibungbulang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Subjek penelitian wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan beberapa guru di SMA Negeri 1 Cibungbulang. hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Cibungbulang sudah melaksanakan kurikulum merdeka sejak tahun 2021, dan sudah mencapai tingkat mahir pada akhir tahun ajaran 2024, artinya pelaksanaan kurikulum sudah sangat baik. Oleh karena itu memasuki tahun ajaran 2024/2025 SMA Negeri 1 Cibungbulang menuju implementasi kurikulum merdeka mandiri tanpa pendampingan baik dari segi materi maupun pendanaan
Ali, Nur. (2019). Pengorganisasian Kurikulum dan Pembelajaran pada Sekolah Kejuruan di Lingkungan Pessantren. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 4(1). 48-59.
Ariyani, R. (2019). Manajemen Peserta Didik. Jambi: Salim Media Indonesia
Budi, C. (2018). Manajemen Pembelajaran. Semarang:Unnes Press.
Fadillah, dkk. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Wiraswasta Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora. Vol.2(1).
Fattah, Abdul. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Cv Harpa Creative
Haudi. (2021). Manajemen Kurikulum. Solok: Insan Cendekia Mandiri
Ikram, M. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 2 Parepare. Edium Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.Vol 1(1). Hal. 21-29.
Lestari, H., Hamidah, H., & Rahmawati, I. (2022). Gaya Kepemimpinan Entrepreneurship Kepala Sekolah terhadap Mutu Lulusan. In Jurnal Dirosah Islamiyah (Vol. 4, Issue 3, pp. 413–421). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=rqlKyHgAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=rqlKyHgAAAAJ:RYcK_YlVTxYC
Lestari, H., Putriani, S., & Rahmawati, I. (2022). Kontribusi Gaya Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Anwarul Hidayah. In Jurnal Kajian Islam Modern (Vol. 8, Issue 2, pp. 6–13). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=rqlKyHgAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=rqlKyHgAAAAJ:_xSYboBqXhAC
Masykur. (2019). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum Lampung: AURA
Murniati, Bahrun, Iskandar. (2016). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada SMA Negeri 1 Trienggading Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Administras Voi Pendidikan. Vol. 4(2). 93-102
Nugraha, T, S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. JURNAL UPI. Vol 19(2). Hal 251-262.
Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2011
Purba, P.B., dkk. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. Deli Serdang. Yayasan Kita Menulis.
Rahmawati, I. (2024). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru di SMAN 1 Cibungbulang. In Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal (Vol. 6, Issue 2, pp. 797–804). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=rqlKyHgAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=rqlKyHgAAAAJ:K3LRdlH-MEoC
Rahmawati, I., & Baharudin, T. R. (2023). Kontribusi Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Layanan Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Ciampea. In JURNAL KAJIAN ISLAM MODERN (Vol. 9, Issue 2, pp. 12–22). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=rqlKyHgAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=rqlKyHgAAAAJ:9Nmd_mFXekcC
Rahmawati, I., Lestari, F., Lestari, H., & Pundasah, M. E. (2023). PERAN GURU PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 CIBUNGBULANG. SAHID MENGABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Sahid …. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=rqlKyHgAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=rqlKyHgAAAAJ:p2g8aNsByqUC
Rostini, dkk. (2023). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Marhas Margahayu. Jurnal on Education. Vol 5(2). 3492-3497
Rukayat, Ajat. (2018). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: The Publish.
Sukiman. (2015). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda Karya.
Suryana, Y. (2018). Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah. Jurnal Islamic Education Manajemen. Vol 3(1), pp. 89-98.
Syafaruddin & Amiruddin. (2017). Manajemen Kurikulum. Medan: Perdana Publishing
Syafii, A., dkk. (2023). Pengukuran Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Standar Nasional. Jurnal Multidisiplin Indonesia. Vol 2(7). Hal 1697-1701
Toatubun, F.A., & Muhammad, R. (2018). Profesionalitas dan Mutu Pembelajaran. Sidoardjo: Uwais Inspirasi Indonesia
Ulum, I. (2014). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 3(2). 518-523
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yani, R., dkk. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka belajar dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Budi Utomo Binjai. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT) Vol 4(2). Hal 205-217
Zaini, M. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jember: IAIN Jember Press