ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD/MI
Isi Artikel Utama
Wildatul Maulida
Rusdiono Mukri
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan memberikan keterampilan pada proses pembelajaran, karena sering kali guru menyampaikan materi hanya dengan menggunakan metode ceramah saja tanpa memberikan keterampilan lainnya dalam proses pembelajaran. Keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bisa dengan menggunakan metode menjelaskan, bukan dengan cara metode ceramah, tetapi dengan cara keterampilan yang dimiliki oleh seorang guru ataupun dengan memanfaatkan media yang dijadikan sebagai alat penunjang bagi siswa dengan maksud tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Dengan demikian semakin baik cara guru dalam penyampaian materi maka siswa akan semakin mudah dalam meningkatkan pemahamannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian literature review atau penelitian kepustakaan. Kajian pustaka dilakukan dengan cara mengumpulkan referensi yang terdiri dari beberapa penelitian terdahulu, yang kemudian dibandingkan untuk menarik kesimpulan.